Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
Vol. 1 No. 1 (2022)

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN IPS DI Mts P.AL-HIDAYAH SILO BARU

Nurul Hadawiyah Sitompul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2022

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif..tipe jigsaw di sekolah Mts P.Al-hidayah Silo Baru. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1)Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS awal mula menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dikelas VIII MTs P. Al-Hidayah Silo Baru? 2)Bagaimana penerapan metode kooperatif..tipe jigsaw di kelas VIII MTs P.Al-Hidayah Silo Baru? 3)Apakah hasil belajar mata pelajaran IPS meningkat setelah menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw MTs P.Al-Hidayah Silo Baru? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus empat kali pertemuan yang terdirin dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa peneliti menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, soal-soal pretest dan post test dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts P.Al-Hidayah Silo Baru yang berjumlah 40 Orang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan sebelum diberikan tindakan pre-test menunjukkan persentase 25% (11 siswa). Sesudah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 57,5% (23 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan siklus I , pada siklus II diperoleh persentase 82,5 (33 siswa). berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas maka dapat disimpulkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif..tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan..hasil belajar sisswa di MTs P.Al- Hidayah Silo Baru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendis

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal pendis merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh yayasan insan cipta medan. jurnal pendis memberikan peluang kepada setiap para akademisi (baik dosen, mahasiswa dan para pendidik lainnya) yang akan menerbitkan tulisan terbaiknya. Secara garis besar tulisan ini akan memuat berbagai ...