cover
Contact Name
Toni Nasution
Contact Email
toniandrionasution@gmail.com
Phone
+6285361305340
Journal Mail Official
jurnalpendis2023@gmail.com
Editorial Address
Editor In Chief Abd. Kholik Munthe, M.Psi Editorial Board Gumarfi Rahis Pasaribu, M.Pd Desi Fitria (STKIP ydb Lubuk Alung) ID Sinta: 6780476 Muhammad Saleh Assingkily, M.Pd Sahlan, M.Pd Torkis Dalimunthe, M.Pd Reviewer Dr. Sri Rahayu Pudjiastuti, M.Pd (STKIP Kusuma Negara) Dr. Harmona Daulay, M.Si Dr. Deni Setiawan, M.Pd (UNIMED) Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I (STIT AILU) Dr. Eka Susanti, M.Pd UIN SU Medan Layout Editor Ahmad Syarqawi, M.Pd
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial
ISSN : -     EISSN : 28307763     DOI : https://doi.org/10.61721/pendis.v1i1
Jurnal pendis merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh yayasan insan cipta medan. jurnal pendis memberikan peluang kepada setiap para akademisi (baik dosen, mahasiswa dan para pendidik lainnya) yang akan menerbitkan tulisan terbaiknya. Secara garis besar tulisan ini akan memuat berbagai pembahasan ilmiah tentang penelitian dan pendidikan ilmu sosial. Tulisan yang akan diterbitkan harus melalui prosedur yang telah disepakati oleh pengelola jurnal pendis, sehingga secara administratif dapat berjalan dengan baik. Jurnal pendis akan diterbitkan sebanyak tiga kali dalam kurun waktu satu tahun (April, Agustus, dan Desember), sehingga diharapkan dapat menampung antusias penulis untuk menerbitkan tulisannya pada jurnal pendis.
Articles 57 Documents
KENDALA GURU DALAM MENGAJARKAN PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII MTS SWASTA AT-TAUFIQURRAHMAN LABUHANBATU UTARA Ani Syahwana
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru mengajar IPS Terpadu, Proses belajar mengajar guru, dan upaya guru dalam mengatasi kendala mengajar IPS Terpadu di kelas VIII MTS swasta At-taufiqurrahman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTS swasta At-taufiqurrahman Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara Provinsi Sumatera Utara. Adapun informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bidang studi, dan siswa.
PENERAPAN METODE EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NAMORAMBE KABUPATEN DELI SERDANG Desi Fitri Padang
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran eksploratory discovery di sekolah SMP Negeri 1 Namorambe Kabupaten Deli serdang T.P 2019/2010. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui 2 siklus terdiri empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Negeri 1 Namorambe berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan sebelum diberitan tindakan menunjukan Presentase 31,25% (10 siswa). Sesudah diterapkan metode ekploratory discovery dalam pembelajaran IPS diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan Presentase 68,75% (22 siswa). Selanjutnya guna meningkatkan hasil belajar maka dilakukan perbaikan pada siklus I mulai ada peningkatan namun hasil belajar belum sesuai yang diharapkan, maka perlu dilanjutkan pada siklus ke II diperoleh persentase 87,5% (28 siswa).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode eksploratory discovery dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI MTS PAB 2 SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG Husnul Hotima Siregar
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana proses penerapan pendidikan karakter di MTs PAB 2 Sampali, 2) Mendeskripsikan dan menganalisis apa saja yang menjadi peluang dan hambatan dalam penerapan pendidikan karakter di MTs PAB 2 Sampali dan 3) Mengetahui apa saja sikap sosial yang terbentuk dari pendidikan karakter yang diterapkan melalui pembelajaran IPS di MTs PAB 2 Sampali. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum,wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, warga sekolah dan siswa kelas VIII. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi
PENGEMBANGAN MEDIA TIMELINE SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI MAS PAB 1 SAMPALI Indah Fazillah
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media aplikasi timeline merupakan media pembelajaran yang sangat sederhana yang dapat mengurangi waktu menjadi pemahaman. Konsep waktu yang digambarkan melalui media aplikasi timeline membantu siswa memahami secara nyata dengan melihat urutan pristiwa berapa lama waktu dan sebelum peristiwa itu terjadi. Media aplikasi timeline sebagai alat belajar sehingga siswa menemukan materi yang terdapat didalam sebuah media aplikasi didukung dengan sebuah gambar da simbol sehingga memudahkan siswa untuk memahami isi dari sebuah materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pembelajaran sejarah pada materi peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia di MAS PAB 1 Sampali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Deveopment (R&D) dengan menerapkan tahapan yang disederhakan dari prosedur penelitian Borg and Gall. Sampel yang digunakan adalah 19 orang peserta didik. Instrumen penelitian berupa wawancara, kuesioner dan lembar validasi. Data penelitian diperoleh dari kuesioner dan validasi ahli media, ahli materi untuk mengetahui kelayakan produk, kemudian dilakukan uiji coba lapangan dengan peserta didik yang bertujuan untuk memperoleh keefektifan sebuah produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan memberikan keterangan bahwa produk media apliaksi timeline yang telah dikembangkan “sangat layak” digunakan setelah melalui uji coba validasi dari ahli media dengan nilai 4, 67 dengan kategori “ sangat baik “ ahli materi dengan nilai rata-rata 4,5 dengan kategori “ baik “..
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN IPS DI Mts P.AL-HIDAYAH SILO BARU Nurul Hadawiyah Sitompul
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif..tipe jigsaw di sekolah Mts P.Al-hidayah Silo Baru. Rumusan masalah penelitian ini adalah : 1)Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS awal mula menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw dikelas VIII MTs P. Al-Hidayah Silo Baru? 2)Bagaimana penerapan metode kooperatif..tipe jigsaw di kelas VIII MTs P.Al-Hidayah Silo Baru? 3)Apakah hasil belajar mata pelajaran IPS meningkat setelah menggunakan metode kooperatif tipe Jigsaw MTs P.Al-Hidayah Silo Baru? Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan Kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus empat kali pertemuan yang terdirin dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan siswa peneliti menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, soal-soal pretest dan post test dalam bentuk pilihan ganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts P.Al-Hidayah Silo Baru yang berjumlah 40 Orang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan sebelum diberikan tindakan pre-test menunjukkan persentase 25% (11 siswa). Sesudah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I 57,5% (23 siswa). Sedangkan setelah dilakukan perbaikan siklus I , pada siklus II diperoleh persentase 82,5 (33 siswa). berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas maka dapat disimpulkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif..tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan..hasil belajar sisswa di MTs P.Al- Hidayah Silo Baru.
KONDISI GENERASI MILENIAL DI DESA BARU KECAMATAN PANCUR BATU GUNA MENCAPAI GOOD CITIZENSHIP Ryan Hidayat Rafiola; Angga Dwi Prasetyo; Ella Asri Fauziah; Faiza Dia Amanda Harahap; Ghizka aulia Putri; Indah Rizkiqa; Maulidia Khairiah; Mawaddah Sri Rezeki; Mayumi Ershanda; Nurly Fadila; Riris Aditya Sari; Risky Andreansyah
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 2 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/pendis.v2i2.23

Abstract

Generasi Millenial adalah generasi yang tidak memiliki batas waktu yang pasti untuk awal atau akhir dari era generasi ini. Namun para peneliti serta ahli biasanya menggunakan batas waktu untuk mengelompokkan generasi millenial mulai awal tahun 80-an ke atas dengan karakter berani, inovatif, dan modern. Dalam generasi ini banyak diperbincangkan mulai dari segi pendidikan, moral dan budaya, etika kerja, pertahanan mental, serta kemudahan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi generasi millenial serta faktor yang mempengaruhi moral generasi millenial di Desa Baru, Kecamatan Pancur Batu guna untuk mewujudkan good citizenship. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dan data yang diperoleh dari wawancara secara langsung di lokasi penelitian dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik. Adapun informan yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan 20 orang generasi millenial khususnya generasi Z yang berusia antara 14-19 tahun. Instrumen penelitian berupa panduan wawancara terstruktur kepada narasumber yang pertama berkaitan dengan demografi, meliputi nama, usia, jenis keamin, dan jenjang pendidikan. Kemudian menangkap persepsi orang-orang yang sedang diwawancarai tentang perilaku dan kondisi secara pribadi serta lingkungannya sebagai generasi Z. Hasil dari penelitian dapat disimpukan bahwa kondisi generasi millenial di Desa Baru terlihat masih kurang baik dari segi moral dan akhlak nya yang disebabkan oleh gadget, pengaruh lingkungan pertemanan atau teman sebayanya, dan pola asuh orang tua.
PERAN PEMERINTAH DESA KEDAI DURIAN DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL YANG GOOD CITIZENSHIP Wasiyem; Faiza Adinda; Amalia Rahmi Nasution; Nabila Inne Azri; Mutiara Ashifa; Zahrani Nabilah; Cindy Aldona; Desri Amrainum; Fatma Salsabila; Dwi Lestari; Muhammad Abu Fattahillah
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran dan upaya serta tantangan pemerintah desa dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship di desa Kedai Durian. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Kedai Durian, Kecamatan Delitua, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemerintah desa berperan dalam menciptakan generasi milenial yang good citizenship dengan cara membentuk organisasi-organisasi bagi generasi milenial seperti remaja masjid dan karang taruna. (2) Upaya yang dilakukan pemerintah desa agar terciptanya generasi milenial yang good citizenship adalah dengan membuat kegiatan untuk memperdalam ilmu agama, melakukan sosialisasi tentang penanganan penyalahgunaan narkoba, dan membuat berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan kreativitas generasi milenial di desa Kedai Durian. (3) Tantangan yang dihadapi pemerintah desa dalam menciptakan generasi milenial yang good citizenship adalah adanya beberapa kelompok yang sulit diarahkan karena sudah terpengaruh oleh narkoba.
PERAN DAN UPAYA PEMERINTAHAN DAERAH UNTUK MEWUJUDKAN GENERAL MILENIAL YANG GOOD CITIZENSHIP DI DESA TUNTUNGAN II Teuku Fadhli; Herawati, Putri; Dinda Muhajirina; Ad’dhan Dhita; Balqisthi Ega Wanda; Faisal Halim Soritaon Harahap; Fatimah Azzahra; Lailatul Mahpuja Dasopang; Nabila Tawaqal Ainy Kusuma; Putri Nabilah; Sophie Zafira Tanjung; Ulfa Khoirunnisa
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 2 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/pendis.v2i2.25

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan upaya orang tua dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship di desa Tuntungan II. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Untuk mendapatkan data peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan wawancara kepada orang tua di Desa Tuntungan II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan upaya orang tua dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship di Desa Tuntungan II masih belum sepenuhnya baik. Ini terbukti bahwa (a) orang tua memberikan pendidikan agama untuk anaknya, memberikan les tambahan untuk mengurangi waktu bermain yang berlebihan. (b) orang tua tidak melakukan kekerasan dalam menasehati anaknya. (c) masih adanya anak yang merokok karena pengaruh lingkungannya. (d) orang tua memberikan batasan waktu anak dalam bermain gadget atau handphone.
PERAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL YANG GOOD CITIZENSHIP DI DESA LADANG BAMBU Ahmad Syarqawi; Desputri, Syavira; Dinda Azria Nasution; Ninis Lestari; Amanda Aulia; Zahra Ananda; Widya Fitri; Shinny Syafitri Sagala; Citra Rahmi Bahar; Dea Hamiche Putri; Fuat Baazir; Kholid Abdullah Yasin
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 2 No. 2 (2023): Agustus
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61721/pendis.v2i2.28

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran masyarakat dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis metode penelitian deskriptif yaitu dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap masyarakat di Desa Ladang Bambu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran dan upaya masyarakat di era milenial saat ini sangat penting untuk membimbing, mengarahkan dan menasehati mereka agar menjadi generasi milenial yang memiliki rasa toleran dan tanggung jawab terhadap sesama masyarakat di lingkungan sekitar, dapat membawa perubahan yang baik untuk lingkungan dan masyarakat juga sangat berperan penting dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship karena masyarakat merupakan bagian dari lingkungan, dan sebuah faktor utama dan terbesar dalam mempengaruhi pembentukan dan perkembangan perilaku generasi milenial. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peran dan upaya masyarakat di era milenial saat ini sangat penting untuk membimbing, mengarahkan dan menasehati mereka agar menjadi generasi milenial yang memiliki rasa toleran dan tanggung jawab terhadap sesama masyarakat di lingkungan sekitar, dapat membawa perubahan yang baik untuk lingkungan dan masyarakat juga sangat berperan penting dalam mewujudkan generasi milenial yang good citizenship karena masyarakat merupakan bagian dari lingkungan, dan lingkungan adalah sebuah faktor utama dan terbesar dalam mempengaruhi pembentukan dan perkembangan perilaku generasi milenial.
PERANAN MASYARAKAT DESA NAMO GAJAH DALAM MEWUJUDKAN GOOD CITIZENSHIP Mustafa Habib; Siagian, Huriya Al Humaira; Alvi Nur Ilmi Br Ginting; Shelly Febrina; Cut Nasywa Kesuma Dany; Anggi Tri Octavelia; Amelia Resita Sari; Lutfia Nurfadilah Manurung; Anggi Febrian; Tia Zahra Khairunnisa; Keysha Febri Dhanty; Rizki Makmur Siregar
PENDIS (Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial) Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus
Publisher : Yayasan Insan Cipta Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembentukan warga negara yang baik menjadi salah satu misi utama pendidikan nasional Indonesia. Salah satu mata pelajaran yang juga mengemban misi tersebut adalah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Sosok warga negara yang baik merupakan hasil dari beragam aspirasi kekuatan sosial politik yang ada di dalam masyarakat. Demikian juga dengan negara Indonesia yang memiliki corak sistem politik yang lebih bersifat komunitarian tentu memiliki konsepsi tentang sosok warga negara yang baik khas Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran masyarakat dalam mewujudkan Good Citizenship di Desa Namo Gajah, Medan Tuntungan. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan prosedur metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam kepada masyarakat Desa Namo Gajah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk menjadi masyarakat yang Good Citizenship, maka setiap masyarakat harus mematuhi peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah yang tertuang dalam aturan hukum dan undang-undang, mematuhi peraturan daerah, ikut serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan dalam masyarakat, berperilaku baik terhadap masyarakat lainnya dengan sikap tolong menolong, tidak menimbulkan masalah di lingkungan desa, menjalankan pola hidup yang sesuai dengan pancasila, dan yang paling penting adalah meyakini dasar negara kita adalah Pancasila. Kata Kunci : Peranan Masyarakat, Good Citizenship.