Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar siswa. Faktor yang mempengaruhinya adalahpembelajaran masih didominasi oleh Guru, dan siswa kurang diberi kesempatan melakukansesuatu selain mencatat, mendengar serta menyatakan informasi dengan kalimat mereka sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategipembelajaran aktif tipe rotating quartet exchange terhadap hasil belajar matematika siswa padaranah kognitif. Jenis penelitian ini yaitu pra eksperimen dan rancangan penelitian yangdigunakan adalah randomized control group only design.Berdasarkan tes akhir hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pada kelaseksperimen 83,68 dan rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol 72,13. Hasil analisa uji- t diperolehthitung = 3,58 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05. Disimpulkan thitung > ttabel menerima hipotesis alternatif(H1) yaitu hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, artinyapembelajaran aktif tipe rotating quartet exchange berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021