Perguruan tinggi sebagai salah satu jenis lembaga pendidikan yang bergerak dibidang jasa, ditekankan untuk dapat memberikan pelayanan akademik, non akademik yaitu sesuai dengan harapan dan keinginan peserta didik tanpa memandang status sosial mahasiswanya. Peranan pendidikan yang berkualitas dan mampu mencetak manusia yang terdidik dan terpelajar, memiliki intelegensia dan keterampilan yang mampu menciptakan kemajuan disegala bidang dengan profesional dan integritas. (Heslina, Abd. Mansyur Mus. Jacky Pettipeiluhu, Yolanda Gladys, Andi Irvan Prenregngi. 2017). Pendidikan Tinggi Agama Islam Negeri merupakan sebagai salah satu organisasi layanan publik, tentu juga memiliki tantangan yang sama dengan perguruan tinggi umum lainnya. Sehingga harus memikirkan strategi peningkatan pelayanan akademik dan non akademik yang memberikan kepuasan kepada mahasiswanya. Masing-masing pendidikan tinggi mereka memperkenalkan berbagai kelebihan dan fasilitas yang didapat mahasiswa jika melanjutkan studi pada lembaga pendidikan pada masing-masing daerah propinsi/kabupaten/kota tersebut.(Binti Nasukah.2014). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dibangun berlandaskan paradigma positivism dari August Comte (1798-1857). Pendekatan kuantitatif merupakan satu pendekatan penelitian yang dibangun berdasarkan pada filsafat positivisme. (Maman Abdurahman, Sambas Ali Muhidin, dkk.2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan akademik, nonakademik dan kepuasan terhadap loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Metro Propinsi Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah pelayanan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung analisis jalur struktural 1 diperoleh nilai sig 0,00 < 0.05 maka hipotesis diterima. Pelayanan non-akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung analisis jalur struktural 1 diperoleh nilai sig 0,00 < 0.05 maka hipotesis diterima. Pelayanan akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung analisis jalur struktural 2 diperoleh nilai sig 0,001 < 0.05 maka hipotesis diterima. Pelayanan non-akademik tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung analisis jalur struktural 2 diperoleh nilai tidak sig 0,420 < 0.05 maka hipotesis ditolak. Kepuasan mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung analisis jalur struktural 2 diperoleh nilai sig 0,000 < 0.05 maka hipotesis diterima. pengaruh tidak langsung pelayanan akademik mahasiswa melalui kepuasan terhadap loyalitas. Pelayanan akademik mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas mahasiswa (0,196 < 0,227). Pengaruh tidak langsung non akademik mahasiswa melalui kepuasan terhadap loyalitas. Pelayanan non akademik mahasiswa melalui kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas mahasiswa (0,098 > -0,49). Dengan demikian, dari hasil tersebut menunjukkan bahwa Pelayanan non-akademik tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa, Pelayanan non-akademik tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas Mahasiswa. pengaruh tidak langsung pelayanan akademik mahasiswa melalui kepuasan terhadap loyalitas, mempunyai pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap loyalitas mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Metro Lampung.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021