Penelitian ini dilatar belakangi oleh loyalitas pelanggan yang merupakan komitmen pelanggan yang merupakan kelanjutan dari kepuasan pelanggan terhadap barang atau jasa yang diberikan oleh konsumen, berupa pelanggan yang menyukai barang atau jasa dan termotivasi untuk terus membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut. sehingga terjadi pembelian ulang dan akan merekomendasikannya kepada orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data, serta mengetahui pengaruh realiability, customer statisfaction dan citra bank terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat. Popoluasi didalam penelitian ini adalah nasabah bank Muamalat.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Accidental Sampling dengan menggunkan rumus slovin dan didapatkan sempel sebesar 285 orang responden nasabah bank Muamalat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory survei method. Pengujian persyaratan instrument yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji normalitas liliefors, uji homogenitas, uji linieritas dan keberartian regresi sebagai pengujian persyaratan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dan teknik analisisdata yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SEM(Structural Equation Modeling), diperoleh reliability berpengaruh langsung positif terhadap citra bank, reliability berpengaruh langsung positif terhadap loyalitas nasabah, customer statisfaction berpengaruh langsung positif terhadap citra bank, customer statisfaction berpengaruh langsung positif terhadap loyalitas nasabah, dan citra bank tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah
Copyrights © 2021