Madaniya
Vol. 4 No. 4 (2023)

Literasi Digital: Pemahaman Cyberbullying pada Siswa Sekolah Dasar

Nurani Hadnistia Darmawan (STKIP Bina Mutiara)
Hilman Hilmawan (STKIP Bina Mutiara)
Dheva Seftian (STKIP Bina Mutiara)
Lufti Aulia (STKIP Bina Mutiara)
Lutpi Hikmatullah (STKIP Bina Mutiara)
Marwah Zahira (STKIP Bina Mutiara)
M Ramdan (STKIP Bina Mutiara)
M Ridwan (STKIP Bina Mutiara)
M Nabil (STKIP Bina Mutiara)
Ricky Ahmad (STKIP Bina Mutiara)
Rizki Syamsal (STKIP Bina Mutiara)
Salma Futiannisa (STKIP Bina Mutiara)
Siti Hamidah (STKIP Bina Mutiara)
Siti Jihan (STKIP Bina Mutiara)
Sopa Sopia (STKIP Bina Mutiara)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2023

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi internet dan media sosial, hal tersebut berefek terhadap percepatan proses penyebaran informasi. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dapat menimbulkan dampak negatif apabila tidak dimanfaatkan dengan baik. Saat ini kasus cyberbullying semakin meningkat dan sering terjadi melalui media sosial. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya cyberbullying adalah dari aktivitas online khususnya yang dilakukan oleh anak-anak, baik itu mengunggah konten maupun mengomentari konten yang diunggah secara reaktif. Berdasarkan hal tersebut, tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar mengenai cyberbullying dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pemberian pre-test dan post-test dilakukan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan pemahaman siswa terkait cyberbullying. Berdasarkan pengolahan dan analisis data diperoleh hasil rata-rata pre-test sebesar 67 dan rata-rata post-test sebesar 79, yang menunjukkan adanya peningkatan. Pengetahuan dan pemahaman tentang cyberbullying pada siswa sekolah dasar harus masif dilakukan sejak dini agar anak tidak terjebak dalam permasalahan cyberbullying. Implikasinya, orangtua dan guru harus selalu mendampingi anak-anak agar dapat berinteraksi secara bijak khususnya melalui media sosial atau platform online lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...