Indonesian Educational Administration and Leadership Journal (IDEAL)
Vol. 4 No. 2 (2022): Indonesian Educational Administration and Leadership Journal

Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Ditinjau dari Model UTAUT Pada Proses Pembelajaran Kelas V di SD Negeri 1/IV Kota Jambi

Oktarizka, Dhea Annisa (Unknown)
Sofwan, Muhammad (Unknown)
Alirmansyah, Alirmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ditinjau dari model unified theory of acceptance and use of technology (utaut) pada proses pembelajaran kelas V di SD Negeri 1/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, data penelitian didapatkan dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data di analisis, secara kualitatif menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ditinjau dari model unified theory of acceptance and use of technology (utaut) pada proses pembelajaran kelas V di SD Negeri 1/IV Kota Jambi dapat ditarik kesimpulan tercapainya 4 aspek UTAUT dalam penggunaan TIK oleh guru pada proses pembelajaran. 4 aspek tersebut harapan kinerja, harapan usaha, pengaruh sosial dan kondisi fasilitas. Aspek harapan kinerja penggunaan TIK memberikan manfaat dalam pembelajaran proses pembelajaran, membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran, guru menjadi lebih produktif serta meningkatkan kolaborasi antar guru. Dalam aspek harapan usaha dengan penggunaan TIK pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, serta lebih jelas dan mudah dipahami. Dalam aspek pengaruh sosial adanya rekomendasi orang lain untuk menggunakan TIK dalam bentuk pelatihan atau seminar. Dalam aspek kondisi fasilitas penggunaan TIK jika ada kendala guru saling membantu, dan adanya pelatihan ayng diberikan untuk menggunakan TIK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IDEAL

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

IDEAL publishes empirical and conceptual articles that focused on critical leadership and policy of educational administration. As an editorial team, we embrace traditional and emergent theoretical frameworks, research methods, and topics. IDEAL particularly promotes the publication of rigorous and ...