Stunting merupakan suatu kondisi dimana terjadinya gagal tumbuh pada anak kanak-kanak akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Dampak dari stunting salah satunya yaitu terjadinya hambatan dalam perkembangan. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan yaitu dengan pemberian stimulasi perkembangan untuk meningkatkan perkembangan anak sesuai dengan tahap usianya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Kesehatan dan terapi kelompok terapeutik kanak-kanak terhadap peningkatan perkembangan pada kanak-kanak stunting. Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental pre post test without control group dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 responden kanak-kanak stunting. Kelompok diberikan tindakan pendidikan kesehatan pola asuh nutrisi dan terapi kelompok terapeutik. Pengambilan data secara online dengan menggunakan kuesioner aspek perkembangan dan tugas perkembangan kanak-kanak. Hasil penelitian terjadi perubahan peningkatan aspek perkembangan dan tugas perkembangan kanak-kanak stunting secara bermakna setelah diberikan tindakan pendidikan kesehatan pola asuh nutrisi dan stimulasi (p value <0,05). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pendidikan kesehatan dan terapi kelompok terapeutik dapat meningkatkan perkembangan kanak-kanak stunting.
Copyrights © 2022