JATIKOM: Jurnal Aplikasi dan Teori Ilmu Komputer
Vol 1, No 2 (2018)

Pengembangan Intelligent Tutoring System Menggunakan Bayesian Network

Dita Fauzia (Unknown)
Wahyudin Wahyudin (Unknown)
Rasim Rasim (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Dalam pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran, setiap siswa memiliki kemampuan dan daya serap yang berbeda. Hal ini menyebabkan mereka mengalami kesulitan-kesulitan yang beragam. Perbedaan tingkat pemahaman tersebut menyebabkan para siswa sulit untuk menyelaraskan kemampuannya dengan seluruh siswa, sehingga mereka tidak dapat mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Untuk itu, diperlukan usaha untuk memahami keberagaman kesulitan dari para siswa, agar proses pembelajaran dapat selaras dengan tingkat pemahaman para siswa secara individual. Penelitian ini dilakukan untuk membangun suatu Intelligent Tutoring System dengan menggunakan Bayesian Network yang dapat merekomendasikan materi yang sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, Penggunaan Bayesian Network dalam sistem ini yaitu dapat memberikan saran penyajian materi berdasarkan probabilitas materi prasyarat yang dihitung dengan teorema bayes. Hasil dari pengembangan Intelligent Tutoring System yang dikembangkan mampu membantu pengguna merekomendasikan materi sesuai dengan tingkat pemahaman secara individu. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai umpan balik yang diberikan oleh pengguna sebesar 80,58%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JATIKOM

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

JATIKOM adalah jurnal nasional yang ditujukan sebagai media publikasi hasil-hasil penelitian tentang aplikasi dan teori di rumpun bidang ilmu komputer seperti kecerdasan buatan, rekayasa perangkat lunak, basis data, sistem informasi, jaringan komputer, teknologi informasi, simulasi dan pemodelan, ...