BAKIRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1 No 1 (2020): BAKIRA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG GIZI SEIMBANG BAGI REMAJA DI SMA NEGERI 1 SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Santi Aprilian Lestaluhu (Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku)
Mahmud - (Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku)
Nilfar Ruaida (Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku)
Nurhayat Rustam (Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Maluku)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Penelitian Risbinakes (2017) di SMU/MA di Kecamatan Salahutu menunjukan bahwa asupan zat gizi makro pada siswa/siswi rata-rata kurang dari 30% dan status gizi kurus (12,3%) dan dan status gizi pendek (28,7%). Penyebabnya antara lain kurangnya pengetahuan tentang gizi seimbang dan asupan gizi makro yang masih rendah. Salah satu cara untuk meningkatan status gizi adalah melalui pendidikan gizi yaitu peningkatan pengetahuan yang dilaksanakan dengan cara penyuluhan gizi dan pembagian media belajar (leaflet). Menurut WHO, pendidikan gizi bertujuan untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif yang berhubungan dengan makanan dan gizi. Salah satu bentuk upaya peningkatan pengetahuan gizi seimbang pada remaja dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan dan pembagian media belajar yaitu leaflet pada siswa/siswi di SMU Negeri 1 salahutu. Hasil Penyuluhan dan pembagian leaflet tentang gizi seimbang pada remaja berjalan dengan baik dan pesan yang disampaikan dapat diterima oleh siswa/siswi. Harapan kedepan hasil penyuluhan dapat diterapkan oleh siswa/siswi dalam kehidupan di sekolah dan di lingkungan tempat tinggal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bakira

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Other

Description

Bakira Journal is a journal of Community Service in Pattimura University. In the local language, Bakira means hurrying or appliying the knowledge immediately, so there will be an enhancement of knowledge and skill in the community and be useful. Bakira journal covers all fields of science ...