RISK : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi
Vol. 2 No. 1 (2021)

Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Supermarket Xx

Bayu Nurbiyanto (Unknown)
Enni Sustiyatik (Unknown)
Nur Laely (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parsial dan simultan dari variabel bauran pemasaran retail meliputi  lokasi, prosedur operasi, produk yang ditawarkan, harga, suasana toko, pelayanan konsumen dan media promosi serta  hubungan dengan loyalitas pelanggan terhadap keputusan pembelian di Supermarket XX.  Penelitian ini menggunakan sampel sebesar 200 responden sebagai pelanggan. Metode olah data menggunakan regresi linier berganda dan uji moderasi. Hasil penelitian ini menyatakan  pengaruh parsial meliputi lokasi, harga dan media promosi. Sedangkan yang tidak berpengaruh parsial meliputi prosedur operasi, produk yang ditawarkan, suasana toko dan pelayanan konsumen.  Tetapi, variabel tersebut dinyatakan simultan terhadap keputusan pembelian dan  memiliki hubungan kuat sebesar 93,2% saat dihubungkan dengan loyalitas pelanggan. Dengan demikian,  bauran pemasaran memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian dengan menambah variabel loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

risk

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

RISK : Jurnal riset bisnis dan ekonomi adalah publikasi akademik yang fokus pada penelitian ilmiah di bidang ekonomi dan bisnis. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan temuan penelitian terbaru, analisis, dan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek ekonomi dan bisnis. Jurnal ini mencakup berbagai ...