Jurnal Biologi
Vol. 1 No. 4 (2024): August

Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XF SMAN 3 Probolinggo Menggunakan Media Video Pembelajaran

Insani, S Alamia Haque (Unknown)
Usman , Ali (Unknown)
Suciati, Suciati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Media video pembelajaran menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Hasil belajar menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa setelah siswa terlibat dalam pembelajaran. Perubahan perilaku tersebut salah satunya terjadi pada aspek kognitif siswa. Media video pembelajaran juga termasuk media audio visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas XF SMAN 3 Probolinggo menggunakan media video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model PTK Kemmis dan Taggart. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yang meliputi empat fase di setiap siklusnya. Peneliti menggunakan nilai tengah semester sebagai nilai pra siklus. Kriteria kesuksesan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan tercapainya nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 76. Instrumen penelitian adalah lembar post test di setiap siklusnya. Berdasarkan penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan sebanyak dua siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas kelas XF SMAN 3 Probolinggo menggunakan media video pembelajaran. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus pertama menunjukkan tidak ada siswa yang tuntas atau sebanyak 35 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase 100%. Namun, hasil belajar kognitif siswa pada siklus kedua menunjukkan sebanyak 21 siswa memperoleh nilai di atas KKM dengan persentase 60% dan sebanyak 14 siswa memperoleh nilai di bawah KKM dengan persentase 40%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biology

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Social Sciences

Description

Jurnal Biologi ISSN 3026-7390 combines two crucial aspects of the biology world.Biology education and the practical application of biological science. The journal plays a vital role in supporting the integration of biological science with practical contexts across various fields. This journal aims ...