Al Fikrah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 2 No 1 (2022): Afikrah

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN MEDIA WHATSAPP DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) BINAMADANI TANGERANG UNTUK MENCIPTAKAN MAHASISWA AKTIF BELAJAR

Samsudin, Umar (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengimplementasikanpembelajaran daring materi PAI dengan media whatsApp pada mahasiswa agaraktif belajar pada saat kuliah berlangsung. Penelitian ini dapat dikategorikan kedalam penelitian deskriptif kualitatif, yaitu peneliti berusaha menggali informasidan melakukan rencana dan pelaksanaan pembelajaran dengan maksimal, yaknidengan mendesain pembelajaran terlebih dahulu lalu menerapkannya pada saatproses pembelajaran dengan media whatsApp. Peneliti sebagai instrumenutama, menggali data dengan melakukan observasi secara mendalam darisumbernya yaitu mahasiswa sekaligus sebagai informan yang terdiri dari duakelas reguler pagi berjumlah 25 mahasiswa dan dua kelas reguler sore berjumlah40 mahasiswa jurusan PAI program sarjana strata satu. Hasil penelitianmenemukan bahwa kemampuan dosen dalam mendesain pembelajaran materiPAI yang sesuai antara media whatsApp dengan kondisi pandemi covid 19terbukti efektif dan mampu mengaktifkan belajar mahasiswa. Temuan inisekaligus menolak penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa pembelajarandengan media whatsApp tidak efektif. Desain, Implementasi, Pembelajaran Materi PAI, WhatsApp dan AktifBelajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Al fikrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fikrah Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Magister Pendidikan Agama Islam STAI Binamadani Tangerang. Jurnal ini mencakup aspek-aspek pendidikan islam dan pemikiran islam yang difokuskan pada ; 1. Komponen-komponen pembelajaran ; kurikulum, model, ...