QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora
Vol 2 No 1 (2024): 2024

Konsep Kurikulum Pendidikan; Interpretasi Bagi Guru Dalam Mendesain Pembelajaran

Arsyad (Unknown)
Safitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 May 2024

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masa kini, bahkan diera globalisasi ini tingkat pendidikan mempengaruhi daya saing baik perseorangan maupun daya saing bangsa di internasional. Maka dari itu salah satu instrumen penting dalam menunjang proses pembelajaran agar terpadu dan merata ialah dengan menerapkan kurikulum yang sama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan konsep kurikulum pendidikan.  metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, Pengumpulan data dilakukan dengan mencari atau meneliti beberapa buku, jurnal dan dokumen baik dalam format cetak maupun elektronik, serta informasi atau sumber data lain yang relevan dengan kajian atau penelitian. Hasil penelitian ini dapat diuraikan bahwa Konsep kurikulum berkembang seiring dengan perkembangan teori dan praktik pendidikan, Kurikulum dalam pendidikan merupakan inti pendidikan dan menjadi ciri sekolah sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Konsep kurikulum terdiri dari 5 konsep yaitu; (a) Konsep kurikulum mata pelajaran akademik, (b) Konsep kurikulum proses pengembangan kognitif, (c) Konsep rekonstruksi kurikulum, (d) Konsep kurikulum humanistik, (e) Konsep kurikulum teknologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

qosim

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora dengan e-ISSN 2987-713X (online) p-ISSN 3025-5163 (cetak) dan Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal multidisiplin dan akses terbuka peer-reviewed dengan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & ...