ABSTRAKKabupaten Bangli, Provinsi Bali, memiliki 13 Sekolah Menengah Keguruan (SMK) yang tersebar di 4 Kecamatan. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan merupakan bagian penting dari kurikulum di SMK tersebut. Namun, belum ada kantor resmi untuk organisasi MGPM PPKN di Kabupaten Bangli, dan guru-guru PPKN menghadapi kendala dalam mengembangkan buku ajar digital berbasis flipbook. Dalam rangka mengatasi permasalahan ini, dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat Pemula (PMP) dengan pendekatan berbagai metode seperti sosialisasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi, dan keberlanjutan program. Tujuan kegiatan pengabdian ini ialah memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap guru membuat buku ajar digital berbasis flipbook dengan menggunakan aplikasi canva dan heyzine. Kegiatan ini melibatkan guru-guru PPKN SMK di Kabupaten Bangli. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman guru-guru PPKN tentang pembuatan buku ajar digital berbasis flipbook menggunakan aplikasi Canva dan Heyzine. Mereka juga berhasil membuat beberapa buku ajar PPKN berbasis flipbook, yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Kabupaten Bangli. Kegiatan PMP ini memberikan dampak positif dalam menyegarkan dan memperbarui pemahaman guru-guru PPKN tentang pemanfaatan teknologi dalam pendidikan. Saran untuk ke depan adalah melanjutkan pendampingan dan pelatihan serupa serta memperluas dampak positif ini ke wilayah lain di Provinsi Bali. Kata kunci: buku ajar digital berbasis flipbook; guru PPKn; teknologi pendidikan ABSTRACTBangli Regency, Bali Province, has 13 Teachers' Secondary Schools (SMK) spread across 4 sub districts. Learning Pancasila and Citizenship Education is an important part of the curriculum at the vocational school. However, there is no official office for the MGPM PPKN organization in Bangli Regency, and PPKN teachers face obstacles in developing flipbook-based digital textbooks. In order to overcome this problem, Beginner Community Service (PMP) activities were carried out using various methods such as socialization, training, mentoring, evaluation and program sustainability. The aim of this service activity is to provide knowledge and understanding for teachers to create flipbook-based digital textbooks using the Canva and Heyzine applications. This activity involved PPKN SMK teachers in Bangli Regency. The result of this activity is an increase in PPKN teachers' understanding of creating flipbook-based digital textbooks using the Canva and Heyzine applications. They also succeeded in making several flipbook-based PPKN textbooks, which can improve the quality of learning in schools in Bangli Regency. This PMP activity has had a positive impact in refreshing and updating PPKN teachers' understanding of the use of technology in education. Suggestions for the future are to continue similar assistance and training and expand this positive impact to other areas in Bali Province. Keywords: digital textbooks based on flipbooks; PPKN teachers; educational technology
Copyrights © 2023