Jurnal Audiens
Vol. 4 No. 1 (2023): March

Customer Relationship Management Kopi Lawe Klaten dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen

Rival Ridzky Faridz (Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Perkembangan komoditas kopi di dalam negeri mengalami peningkatan dengan banyaknya pelaku bisnis yang terus melakukan inovasi. Sebagai salah satu bisnis yang berfokus dalam bidang makanan dan minuman (F&B), kedai kopi (coffee shop) dalam hal ini memiliki peluang yang besar bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Loyalitas pelanggan menjadi salah satu hal utama dalam aspek pelanggan untuk mendapatkan tren positif. Langkah untuk menjaga hal ini maka digunakan Customer Relation Management (CRM). Penelitian ini akan melihat penggunaan CRM pada Kopi Lawe Klaten sebagai upaya untuk mengoptimalkan keuntungan, menjalin hubungan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. CRM yang ditetapkan oleh Kopi Lawe Klaten memanfaatkan platform Instagram untuk melihat penerapan kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen dalam hal ini akan mampu mempengaruhi loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...