Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 2 (2020): September

Representasi Male Gaze terhadap Perempuan dalam Iklan Dot Dodo

Fajar Mahanani (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Safa Aqilla D (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Salsabiela Aurelia P. B (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Di dalam sebuah iklan, perempuan sering kali dijadikan objek eksploitasi. Perempuan dengan pakaian seksi serta sorotan kamera yang fokus pada lekuk dan gerak tubuh seakan membuat iklan lebih menarik khalayak, begitu juga dalam iklan Dot Dodo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana representasi tatapan laki-laki (male gaze) dalam Iklan Dot Dodo berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode semiotika untuk menganalisis objek penelitian berupa iklan Dot Dodo versi jalan-jalan tahun 2013 dengan video berdurasi 29 detik. Objek penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes yang mengembangkan pemikiran dari Ferdinand De Saussure. Analisis yang dilakukan yaitu melalui tanda yang muncul dari cuplikan adegan-adegan yang diambil dalam Iklan Dot Dodo mulai dari ekspresi, gerak tubuh, maupun monolog atau kalimat yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi male gaze camera terhadap perempuan sangatlah dominan. Dalam hal ini, secara tidak sengaja, perempuan dituntut untuk tampil sempurna dalam media iklan dengan bentuk tubuhnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...