Jurnal Audiens
Vol. 1 No. 2 (2020): September

Representasi Hijab dalam Iklan Perguruan Tinggi Kristen

Dhia Ghazya Rahman (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Nafa Alya Zahra (Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini berfokus tentang bagaimana sebuah hijab di representasikan dalam iklan luar griya baliho. Penelitian ini menggunakan teori representasi semiotika Roland Barthes dalam menganalisis sebuah tanda-tanda yang muncul dalam iklan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui arti tanda yang dimunculkan dalam iklan tersebut dalam sudut pandang toleransi dan penggambaran mayoritas dan minoritas. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes dengan tabel signification. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Universitas Kristen Duta Wacana dalam menggunakan hak beriklan ingin memunculkan pesan bahwa universitas mereka menjunjung toleransi beragama. Hal ini berkaitan dengan iklan ini yang sempat dipersekusi oleh organisasi massa islam FUI karena memunculkan tanda hijab dalam iklan tersebut.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ja

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Audiens focuses on issues of media review, whether print, electronic, film, social media and new media and various on communication including: 1. Advertising, Public Relations, and Broadcasting 2. Social Media, New Media, Information Communication and Technology 3. Health Communications, ...