Penelitian ini berlangsung selama peneliti mengikuti kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 5 di Sekolah Dasar Inpres Rawe. Dengan populasi siswa SD Inpres Rawe dan sebagai sampel yaitu siswa kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan numerasi menggunakan media papan pohon penjumlahan pada siswa kelas rendah di SD Inpres Rawe khususnya siswa kelas I dengan jumlah 29 orang sebagai peserta yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Peneilitian dilakukan dimulai dari pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 dengan hasil masing-masing dari pra siklus ke siklus 1 mengalami peningkatan numerasi menggunakan media papan pohon penjumlahan pada siswa kelas I sebesar 11,72% dengan persentase skor rata-rata pada pra siklus yaitu 57,24% dan pada siklus 1 sebesar 68,96% dengan kategori baik. Peningkatan kemampuan numerasi yang sangat signifikan juga terlihat pada siklus 1 ke siklus 2 dengan besar peningkatannya yaitu 13,1%. Persentase skor rata-rata dari siklus 1 sebesar 68,96% meningkat ke siklus 2 sebesar 82,06% atau berada di kategori sangat baik. Sementara, untuk hasil perhitungan klasikal sangat signifikan mengalami peningkatan yaitu dari siklus 1 ke siklus sebesar 100%. Tentunya hal ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media papan pohon penjumalahan sangat membantu peningkatan kemampuan numerasi siswa kelas 1 pada awal semester II sesuai dengan penetapan ketuntasan sebesar 75%.
Copyrights © 2023