Penelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap. kemampuan. mengemukakan pendapat Peserta Didik di Smp Negeri 3 Sukoharjo. Dalam penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen research atau eskperimen semu. Penelitian ini memiliki sampel dengan jumlah 52 responden yang merupakan 26 responden pada kelas eksperimen dan 26 responden pada kelas kontrol. Dalam penelitian ini pegumpulan data menggunakan test dan selanjutnya dianalisis menggunakan Uji Paired Sample T Test Dan Uji Independent T Test . Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh adanya penerapan model pembelajaran SQ3R terhadap kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di SMP Negeri 3 Sukoharjo yang menghasilkan Uji N-Gain Score mempunyai efektivitas sebesar 64% yang dapat dikatakan cukup efektif . Perbedaan selisih nilai rata-rata hasil posttest kelas ekperimen dan kelas kontrol yang signifikan berarti menunjukan kemampuan mengemukakan pendapat anatara kelas eksperimen yang memiliki pemberlakuan khusus menggunakan model pembelajaran SQ3R yang terdiri dari lima langkah yaitu Survey, Question, Read, Recite And Review sementara kelas kontrol menggunakan metode ceramah yang biasa digunakan oleh guru dan tidak memiliki perlakuan khusus.
Copyrights © 2023