Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management dalam mengurangi kebiasaan terlambat datang ke sekolah siswa SMA Negeri 10 Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Pre-test – Post-test One Group Design. Jumlah populasi 20 siswa. Pengambilan sampel dengan memilih siswa yang hasil pre-test nya kurang dari 47,51 sehingga akhirnya didapatkan jumlah sampel 7 orang siswa dengan tingkat kedisiplinan rendah. Berdasarkan hasil rata-rata pre-test sebelum diberikan perlakuan sebesar 45,57 dan post-test setelah diberikan perlakuan sebesar 90.6. selanjutnya diperoleh T hitung menggunakan Paired Sample T-test yaitu 6 dengan nilai Sig. (2 tailed) 0.00<0.05 yang artinya Hₐ diterima dan Hₒ ditolak, dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara kebiasaan siswa terlambat datang ke sekolah sebelum dan sesudah diberikan layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management efektif dalam mengurangi kebiasaan terlambat datang ke sekolah siswa SMA Negeri 10 Pontianak.
Copyrights © 2023