Cendikia Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN TERLAMBAT DATANG KE SEKOLAH SISWA SMA NEGERI 10 PONTIANAK

Dayang Tiara Andina Putri (Universitas Tanjungpura)
Asrori (Universitas Tanjungpura)
Luhur Wicaksono (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management dalam mengurangi kebiasaan terlambat datang ke sekolah siswa SMA Negeri 10 Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian Pre-Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Pre-test – Post-test One Group Design. Jumlah populasi 20 siswa. Pengambilan sampel dengan memilih siswa yang hasil pre-test nya kurang dari 47,51 sehingga akhirnya didapatkan jumlah sampel 7 orang siswa dengan tingkat kedisiplinan rendah. Berdasarkan hasil rata-rata pre-test sebelum diberikan perlakuan sebesar 45,57 dan post-test setelah diberikan perlakuan sebesar 90.6. selanjutnya diperoleh T hitung menggunakan Paired Sample T-test yaitu 6 dengan nilai Sig. (2 tailed) 0.00<0.05 yang artinya Hₐ diterima dan Hₒ ditolak, dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara kebiasaan siswa terlambat datang ke sekolah sebelum dan sesudah diberikan layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management. Jadi dapat disimpulkan bahwa layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self-Management efektif dalam mengurangi kebiasaan terlambat datang ke sekolah siswa SMA Negeri 10 Pontianak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...