cover
Contact Name
Munif Akbar
Contact Email
triwikrama325@gmail.com
Phone
+6285859888365
Journal Mail Official
triwikrama325@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Cendikia Pendidikan
  • sindorocendikiapendidikan
  • Website
Published by CV SWA Anugrah
ISSN : -     EISSN : 30256488     DOI : -
Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini menerima artikel Pendidikan, Pengajaran, Metode Pendidikan, Studi Kasus dalam Pendidikan, Media Pembelajaran
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 1,595 Documents
PENERAPAN LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSON CENTERED THERAPY UNTUK MENINGKATKAN ETIKA KOMUNIKASI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Syarifah Lubis; Asbi Asbi; Gusman Lesmana
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.214

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan layanan konseling individual menggunakan pendekatan Person Centered Therapy untuk meningkatkan etika komunikasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, dan wali kelas dan objek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas VIII yang mengalami rendahnya etika komunikasi dengan guru maupun dengan teman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Adapun teknik dalam analisis data dalam pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan layanan konseling individual dengan pendekatan Person Centered Therapy pada siklus I siswa di kelas VIII SMP Negeri 23 Medan. berjalan dengan lancar. Pada siklus II menunjukkan adanya perubahan dalam beretika saat berkomunikasi dengan orang lain. Pada siklus II ini siswa sudah mulai dapat berkomunikasi yang baik kepada orang lain. Dengan berdasarkan hasil obsrvasi dan wawancara yang telah dilakukan pada siklus I dan siklus II peneliti dapat menyatakan bahwa layanan konseling individual dengan menggunakan pendekatan Person Centered Therapy dapat meningkatkan etika komunikasi siswa.
SIMPOSIUM DAN DISKUSI PANEL SEJARAH PENAMAAN DAN PENENTUAN HARI JADI DESA CIBANTEN Nova Merisa; Hendra Hendra; Yudi Saputra; Mia Rahmawati; Abdullah Sajidin; Iip Mustopa Syaripah; Dasep Supriatna Ubaidillah
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.295

Abstract

Pentingnya suatu desa mempunyai hari jadi desa diantaranya memperkuat identitas lokal, meningkatkan kesadaran sosial, mendorong pembangunan, promosi pariwisata, pendidikan dan pembelajaran. Jadi, hari jadi desa memiliki peran yang penting dalam memperkuat dan memajukan desa serta memelihara warisan budaya dan identitas lokal. Melalui kegiatan simposium dan diskusi panel penentuan hari jadi Desa Cibanten merupakan hasil analisis dan penyamaan persepsi antara kelompok KKN-PAR STIT NU Al Farabi Pangandaran dengan tokoh masyarakat dan stakeholder yang ada di Desa Cibanten. Pengabdian masyarakat ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dengan melakukan observasi sekaligus partisipasi kepada masyarakat. Selanjutnya melaksanakan program kerja KKN PAR STITNU Al Farabi Pangandaran tahun 2023 yang dimulai pada 1 Agustus 2023 sampai 4 September 2023. Hasil dari kegiatan simposium dan diskusi panel Sejarah Filosofi Penamaan dan Penetapan Hari Jadi Desa Cibanten pada hari Senin tanggal 04 Februari tahun 2023 yang dilaksanakan oleh KKN-PAR STIT NU Al Farabi Pangandaran adalah penetapan hari jadi Desa Cibanten yang jatuh pada hari senin pon tanggal 21 Februari tahun 1921 (13 Jumadil Akhir 1339 H).
PENYUSUNAN MODUL AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU DI DESA CIBANTEN Tati Kartini; Riksa Iqomah; Ummu Laelatul Badriyah; Rama Aditya; Pipin Pitriani; Wildan Salis Nugraha; Irpan Ilmi
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.297

Abstract

Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru dalam memberikan materi selama pembelajaran. Selain itu, modul juga merupakan penunjang bagi kegiatan pembelajaran. Namun demikian, masih banyak guru yang tidak dapat menyusun modul untuk membantu mereka dalam mengajar dan mengembangkan potensi diri. Oleh sebab itu, kegiatan pelatihan penyusunan modul ajar berbasis kurikulum merdeka ini akan memberikan keuntungan bagi guru dan siswa. Tujuan diadakannya seminar ini agar guru dapat lebih mudah dalam mempersiapkan bahan ajar dapat mengintegrasikan budaya dan kearifan lokal ke dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan rasa relevansi dan keterlibatan siswa. Seminar ini juga diadakan sebagai program KKN-PAR STIT NU Al-farabi desa Cibanten dan bagian dari program pengembangan modul ajar dengan mengaitkan unsur kearifan lokal di daerah pedesaan. Metodologi seminar melibatkan guru-guru delegasi dari lembaga Pendidikan yang ada di desa Cibanten sebagai peserta aktif yang secara kolaboratif merancang modul ajar berbasis kearifan lokal. Adapun metode yang di gunakan dalam pengabdian ini yaitu metode Participatory Action Reseach (PAR). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa seminar penyusunan modul ajar berbasis kearifan lokal mampu memberikan manfaat signifikan bagi guru di Desa Cibanten.
PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN Rezka Suci Ramadhanti; Encep Syarifudin; Anis Zohriah; Agus Gunawan
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.308

Abstract

Pengembangan Sumber Dayaa Manusiaa dilakukann melaluii pendidikann dann pelatihan,, baik secaraa formal maupun informall yangg dilaksanakann secara berkelanjutan. Terdapatt limaa hal SDMMdianggap penting dalam pengembanganSsSDM dalam bidang pendidikan. Kelima hal tersebut yaitu: profesionalitas,dddayakkkompetitif, kompetensiiiffffungsional, keunggulna partisipatiff dann kerjaa samaa namunn demikiann perngemabangan terhadap_lima hal tersebut Sumber daya manusia diperlukann total quality qontrol (TQC) dann programm diklatt terpadu agarr tercapaii efektivitasnya.a Pengmbangann SDMm pendidikan adalahh prosess penggunaann sumberr dayaa manusiaa yang kompetenn muali darii rekrutmenn seleksi,, pengangkatan,, pengembangan,, sampaii dengan penghargaann sertaa kegiatan-kegiatana terkaitt lainnyaa untukk mencapaii tujuann llembaga pendidikan. Tujuan dari sumberr dayaa tersebutt adalahh untuk meningkatkan ppengetahuan, keterampilan,, dan komitmenn tenagaa kerjaa (pendidikk dann tenagaa kependidikan), sehingga visii dann misii lembagaa pendidikan dapatt tercapai dengan efektif dan efisien.n
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD Tri Wahyudiyantoro; Tian Febianti; Rizqullah Yumna Rusydi
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.332

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Semeru 1 Kota Bogor dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitiannya siswa kelas 4 SDN Semeru 1 Kota Bogor Salatiga sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah teknik non tes yang meliputi observasi, soal uraian dan dokumentasi. Ketrampilan berpikir kritis pada hasil siklus 1 menunjukan sebanyak 35 siswa terdapat menunjukan 43% menduduki kategori sangat tinggi, 29% menduduki kategori tinggi, 3% menduduki kategori sedang, dan 26% menduduki kategori rendah. Pada hasil peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor pada siklus I sebesar 70. Hasil dari siklus II menunjukan 86% menduduki kategori sangat tinggi, 6% menduduki kategori tinggi, 6% menduduki kategori sedang dan 3% menduduki kategori rendah. Pada hasil peningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor pada siklus II sebesar 79. Berarti terjadi peningkatan sebesar 25,3%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis Matematika siswa kelas 4 SD, mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas 4 SDN Semeru 1 Kota Bogor.
PENERAPAN MEDIA SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BILANGAN CACAH Marcel Augie Bagasputera; Fitri Siti Sundari; Siti Utami
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.356

Abstract

Hasil belajar peserta didik pada kegiatan belajar sebelum dilakukannya penelitian tindakan kelas masih dibawah KKM yang ditentukan sebesar 75, khususnya pada mata pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang cocok bagi peserta didik. Scratch sebagai bahasa koding visual membantu pengguna untuk membuat media interaktif yang dapat digunakan peserta didik dan penelitian ini menggunakan Scratch sebagai landasan pembuatan media interaktif. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan materi bilangan cacah yaitu mengurutkan dan menjumlahkan tanpa menyimpan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar matematika peserta didik kelas III-B SDN Lawang Gintung 2 sebesar 78%. Dengan demikian media Scratch dengan model problem based learning dapat memberikan dampak terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Scratch, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Matematika
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUBAL 3D (PUZZLE BALOK 3D) DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS 3 SD SWASTA QURRTA A’YUN Sephia Arizka; Melyani Sari Sitepu
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.357

Abstract

Kurangnya menerapkan media pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran yang membawa siswa belajar sambil bermain akan membuat anak lebih paham untuk menguasai materi dan juga dengan mudah untuk mengingat materi pembelajaran yang dibahas, apalagi dengan menggunakan media pembelajaran yang berbasis 3D akan membuat siswa semakin penasaran sehingga timbul rasa semangat dalam dirinya akan pembelajaran yang diberikan. Dengan tujuan agar siswadapat tertarik, berkonsentrasi atau terfokus pada gambar dan mampu menggunakan daya fikir untuk dapat memecahkan suatu teka-teki atau masalah dengan koordinasi mata dan tanganya sehingga kognitif siswa dapat berkembang baik dengan media yang menarik. penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) yaitu pengembangan suatu proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Metode yang digunakkan adalah metode borg and gall yang dimana ada 10 tahapan namun diperkecil menjadi 6 tahapan. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah berupa Media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) pada pembelajaran tematik. Yang menjadi populasi adalah seluruh Siswa Kelas 3 SD Swasta Qurrta A’yun, Yang berjumlah satu kelas dengan jumlah keseluruhan 40 siswa, siswa laki-laki terdiri dari 15 orang dan siswa perempuan 25 orang. Setelah melakukan pengembangan media sesuai dengan metode penelitian R&D yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kepraktisan, dan kevalidan produk atau media yang dikembangkan yaitu media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) pada pembelajaran IPA pada siswa kelas 3 SD Swasta Qurta ayun. Dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli desain diperoleh 98,3%, hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi adalah 95,7%, dan hasil validasi yang dilakukan oelh ahli bahasa adalah 98,3%. Dari hasil kepraktisan oleh guru adalah 82,6% dan kepraktisan oleh siswa adalah 60.3% penilaian tes soal dalam proses pembelajaran IPA mendapatkan nilai 80-100 sebanyak 25 siswa atau setara dengan 87,6% telah mengalami peningkatan, dimana pada media sangat berpengaruh dalam pembelajaran. Maka dari hasil yang diperoleh media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa terhadap materi yang diberikan guru. Media PUBAL 3D (Puzzle Balok 3D) valid untuk digunakan pada proses pembelajaran IPA dan tingkat kepraktisan media juga sangat baik untuk menyampaikan materi sesuai tujuan pembelajaran di kelas 3 SD Swasta Qurrta A’yun.
EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MICROSOFT TEAMS DALAM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA DENGAN MODERASI TINGKAT MOTIVASI BELAJAR (STUDI KASUS MAHASISWA SEMESTER III JURUSAN MANAJEMEN DI UNIVERSITAS MIKROSKIL) Novi Yanti; Parapat Gultom
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.390

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektifitas penggunaan microsoft teams dalam pembelajaran blended learning terhadap kemandirian belajar mahasiswa dengan moderasi tingkat motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa/i semester tiga jurusan manajemen fakultas bisnis Universitas Mikroskil. Penelitian ini menggunakan proportional random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel berjumlah 92 mahasiswa. Uji coba instrumen dalam penelitian ini terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Uji coba instrument dalam penelitian ini yaitu, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, serta uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft teams dalam pembelajaran blended learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kemandirian belajar mahasiswa. Sedangkan motivasi belajar tidak mampu memoderasi penggunaan Microsoft teams terhadap tingkat kemandirian belajar mahasiswa.
BUSUU APPLICATION IN TEACHING SPEAKING ABILITY AT ISLAMIC SCHOOL Mohamad Adam Firdaus
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.395

Abstract

This study used a quasi- experimental method with two classes, namely class X A as the experimental class and class X B as the control class. After collecting the data, the researcher analysed the data using the t-test. Based on the results, the researchers found the average pre-test in the experimental class is 35,5 and the average post-test value in the experimental class is 54,3. Meanwhile, the average pre-test in the control class is 35,75 and the average post-test value in the control class is 43,15. According the result of the data, the value of tobservation (4,72) > ttable (2,02) in 5%, and tobservation (4,72) > ttable (2,71) in 1%. So, Ho is rejected and Ha is accepted. which means Busuu Application is effective in teaching speaking ability.
PEMAHAMAN HADIS TENTANG DAJJAL Wali Wardi; Sulidar Sulidar; Mardian Idris
Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan
Publisher : CV SWA Anugrah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.9644/scp.v1i1.411

Abstract

Kedahsyatan fitnah akhir zaman yang dibawa dajjal ini tentu mengharuskan setiap muslim mengenal ciri dan keberadaannya. Sumber informasi yang paling akurat adalah teks-teks Alquran dan hadis Nabi. Dalam Hadis Nabi dijumpai redaksi yang cukup variatif, ada yang menyebutkan dajjal cukup detail, mulai dari ciri-ciri, kekuatan hingga kematiannya. Namun, juga ada yang menggambarkan secara umum saja. Abu Fatah al-Adnani menjelaskan bahwa tanda-tanda kemunculan sosok Dajjal sebagai fitnah akhir zaman, yakni terjadinya kerusakan bertumpuk-tumpuk, kezaliman bertindih-tindih, kesyirikan merajalela, dan kemungkaran sulit dibendung. Kebenaran sulit dibedakan dari kebatilan, halal dan haram sulit dipisahkan. Hal yang baik bercampu baur dengan hal yang buruk. Pada kebanyakan manusia, hati nurani mereka telah rusak dan terkontaminasi. Akibatnya mereka tertipu, terpedaya oleh arus fitnah yang ada. Pada saat itu manusia mudah tergoncang, bahkan karena beratnya fitnah yang dihadapi manusia, ada diantara mereka yang di waktu pagi beriman namun pada waktu sorenya mereka telah menjadi kafir. Berdasarkan pada pokok masalah yang dipaparkan dalam latar belakang masalah maka jenis penelitian ini adalah library research menggunakan pendekatan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif atau dengan metode pustaka dimana penelitian dilakukan menarik referensi dari penelitian-penelitian sebelumnya dan dipadukan dalam paradigma penulis agar menjadi sebuah penelitian baru yang berkembang. Sumber primer penelitian ini kitab Hadis karya Muhammad bin Ismail bin Ibrahim atau Imam Bukhari dalam Shahih Bukhari, yang diterbitkan di Beirut Dar al-Kutub Tahun 1989 Jilid II Nomor Hadis 1745 . Sebagai tuntunan alur skripsi yang dibuat dalam mengkaji Pemahaman Hadis tentang Dajjal. Sebagai sumber sekunder penelitian penulis menggunakan Kitab Fathul Al Bari bi Syarh Shahih Bukhari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani yang duterbitkan di Beirut : Dar al-Kutub, 852 H/1449 M. Sosok dajjal secara eksplisit disebutkan dalam Hadis nabi namun sampai saat ini kita belum mengetahui wujud atau bentuk nyatanya, sosok dajjal sering di personifikasikan sebagai musuh terbesar umat Islam, dan dalam kitab Fathub Bari karya Ibnu Hajar Al-Asqalani banyak menceritakan menganai dajjal, sehingga penulis menjadikan kitab ini sebagai sumber sekunder pendukung dari sumber primer.

Page 1 of 160 | Total Record : 1595


Filter by Year

2023 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 12 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 11 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 10 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 12 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 11 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 10 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 12 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 11 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 10 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 14 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 14 No. 3 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 14 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 14 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 9 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 8 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 6 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 5 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 3 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 13 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 9 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 8 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 6 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 5 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 9 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 8 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 7 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 6 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 5 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 4 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 2 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 1 (2025): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 10 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 12 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 11 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 12 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 11 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 12 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 11 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 12 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 11 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 12 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 11 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 10 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 12 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 11 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 6 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 5 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 4 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 10 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 6 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 5 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 4 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 9 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 6 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 4 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 8 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 6 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 3 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 2 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 7 No. 1 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 6 No. 1 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 9 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 8 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 7 (2024): Sindoro Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 5 No. 1 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 9 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 7 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 4 No. 1 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 9 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 7 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 2 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 3 No. 1 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 9 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 8 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 7 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 6 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 5 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 4 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 12 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 11 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 10 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 3 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 2 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 2 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 9 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 8 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 7 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 6 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 5 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 4 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 3 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 2 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan Vol. 1 No. 1 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan More Issue