Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis peserta didik SMA, dan (2) menguji keefektifan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training dalam meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis peserta didik SMA. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 11 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling”s T2 dan analisis General Linear Model Mixed Design (GLMMDs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru serta respon peserta didik, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan representsi visual dan matematis secara signifikan berdasarkan hasil analisis GLMMDs dengan nilai mean difference (MD) atau profile plots yang lebih tinggi daripada model direct instruction.
Copyrights © 2023