Cendikia Pendidikan
Vol. 1 No. 7 (2023): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PEGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL INQUIRY TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI VISUAL DAN MATEMATIS SISWA SMA

Maria Magdalena Nona (Universitas Negeri Yogyakarta)
Aulia Silvina Anandita (Universitas Negeri Yogyakarta)
Linda Dwi Astuti (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang layak untuk meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis peserta didik SMA, dan (2) menguji keefektifan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training dalam meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis peserta didik SMA. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 11 Yogyakarta. Teknik analisis data menggunakan analisis N-Gain, uji statistik multivariat Hotelling”s T2 dan analisis General Linear Model Mixed Design (GLMMDs). Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan perangkat pembelajaran fisika model inquiry training yang: (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi visual dan matematis dengan kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan guru serta respon peserta didik, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan representsi visual dan matematis secara signifikan berdasarkan hasil analisis GLMMDs dengan nilai mean difference (MD) atau profile plots yang lebih tinggi daripada model direct instruction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...