Penelitian ini mengeksplorasi strategi dan implementasi konstruktivisme dalam konteks Merdeka Belajar. Pendekatan ini bertujuan untuk membentuk pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga membangun pengetahuan yang bermakna dan relevan. Melalui. Implementasi Merdeka Belajar menuntut peran aktif guru dan peserta didik, memungkinkan kebebasan dalam pemilihan sumber belajar dan evaluasi diri. Temuan ini memiliki implikasi pada pengembangan kebijakan pendidikan untuk mendukung integrasi konstruktivisme dalam Merdeka Belajar, memberikan pengalaman belajar yang berarti dan relevan. Metode kualitatif, hasil menunjukkan bahwa penggunaan strategi konstruktivisme, seperti pembelajaran berbasis proyek dan diskusi kelompok, efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik yang digunakan dalam penelitian ini. Metode penelitian ini bersifat kajian literatur atau literatur riview yang dimana kajian-kajian penelitian di dapat dari 30 jurnal terdiri dari jurnal internasional dan nasional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023