Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT
Vol 6, No 2 (2021): JPIT, Mei 2021

Evaluasi Kepuasan Pengguna Website dengan Kano Model

Muhammad Iqbal Mustofa (STKIP Nurul Huda OKU Timur)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan tahapan evaluasi yang secara rutin wajib dilaksanakan dalam setiap ekosistem hidup sistem informasi. Objek penelitian adalah website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS). Penelitian ini diawali dengan tahapan wawancara dan observasi objek, penelitian kemudian dilanjutkan dengan penyusunan rancangan kuesioner menggunakan metode webqual 4.0 dengan tiga indikator yaitu usability quality (UQ), information quality (IQ), dan Service Interaction Quality (IT). Pada tahapan analisis data menggunakan model kano untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna website. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 100 orang responden. Analisi kano diawali dengan pengelompokan berdasarkan klasifikasi kelas kano Attractive (A), One dimensional (O), Must be (M), dan Indifferent (I). Dilanjutkan dengan penentuan grade dan pencarian nilai rentang tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunukan tingkat ketidakpuasan lebih tingggi dari nilai kepuasan pengguna website sebesar 60%. Maka peneniliti merekomendasikan bagi pengelola website supaya memprioritaskan dan meningkat beberapa item atribut yang masuk dalam klasifikasi One Dimensional (O) dan menjaga item atribut yang ada dalam klasifikasi Attractive (A).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

informatika

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

The scope encompasses the Informatics Engineering, Computer Engineering and information Systems., but not limited to, the following scope: 1. Information Systems Information management e-Government E-business and e-Commerce Spatial Information Systems Geographical Information Systems IT Governance ...