Di era globalisasi, semakin berkembangnya kesadaran bahwa kesehatan adalah hal terpenting dalam kehidupan, dan kebutuhan akan fasilitas medis semakin meningkat.Hal ini mendorong penyedia layanan medis untuk menyediakan dan meningkatkan mutu pelayanan serta pengobatan preventif dan kuratif dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup dan memuaskan pengguna layanan medis.Kualitas dianggap baik jika persepsi pelanggan pada pelayanan sesuai harapan dan sebaliknya. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif “non eksperimental” korelatif menggunakan 100 responden yang merupakan pelanggan di Apotek Kayla Farma Malang periode Agustus 2023. Sampel diambil secara Accidental Sampling. Hasil menunjukkan bahwa 89% responden menilai bahwa persepsi kualitas pelayanan kefarmasian sudah sangat tinggi, begitu pula pada aspek kepuasan pelanggansebanyak 94% responden menyatakan bila kepuasan pelangganmasuk pada kategori sangat tinggi. Pengujian bivariat menunjukkan bahwa pada persepsi kualitas pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pelanggan terdapat hubungan yang relevan dengan angkakurang dari 0,05 dan memiliki keeratan kuat dengan angka korelasi sebesar 0,697.
Copyrights © 2023