Jurnal Ilmiah Accusi
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah AccUsi - Vol 5 No 2 November 2023

Pengaruh Kompetensi Aparatur, Budaya Organisasi, Good Governance, dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Upaya Pencegahan Fraud Pada Pemerintahan Kabupaten Samosir

Duma Megaria Elisabeth (Universitas Methodist Indonesia)
Erissa Antheresya Butar Butar (Universitas Methodist Indonesia)
Rintan br Saragih (Universitas Methodist Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Pada saat ini fraud masih menjadi masalah yang serius di pemerintahan kabupaten. Terdapat potensi adanya kesalahan pengelolaan anggaran mulai dari pelaksanaaan, penatausahaan, pertanggung jawaban dan pelaporannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana inisiatif anti-fraud Pemerintah Kabupaten Samosir dalam kaitannya dengan kompetensi aparatur, budaya organisasi, tata kelola yang baik, dan mekanisme pengendalian internal. Studi ini menggunakan cara kuantitatif penyelidikan penyebab potensial. Pegawai Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BKPPD) Kabupaten Samosir pada bulan Maret 2023 menjadi demografi dan sampel penelitian. Kuesioner menjadi sumber data primer, sedangkan laporan realisasi anggaran menjadi data sekunder. Analisis regresi linier berganda dilakukan dengan bantuan program SPSS 24. Penelitian ini mengkonfirmasi temuan sebelumnya bahwa kompetensi aparatur, budaya organisasi, dan tata kelola yang baik semuanya memiliki peran yang menguntungkan dalam mengurangi terjadinya kecurangan. Sementara itu, tidak ada efek yang dapat diamati dari sistem pengendalian internal terhadap tindakan anti-fraud

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ACCUSI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Accusi (EISSN : 2620-5815) is a journal published by the Accounting Study Program, Faculty of Economics, Simalungun University which contains scientific articles on Accounting. The results of the research published in this journal are expected to increase the repertoire of knowledge in ...