Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 6 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media 3 Dimensi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ipas Kelas V B di SDN Rawu

Nurul Islamiah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Encep Andriana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Siti Rokmanah (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dan jenis media yang tepat dapat efektif dalam meningkatkan motivasi  belajar pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran 3 dimensi terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN Rawu. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Rawu. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa teknik, yaitu; (a) observasi, (b)  wawancara, (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) media pembelajaran berbantuan media 3 dimensi (3D) berbasis visual efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam sebuah pembelajaran hal ini dapat dilihat dari partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan belajar secara mandiri, antusias peserta didik dalam menggunakan media 3 dimensi, keuletan peserta didik dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi dan juga semangat peserta didik dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...