Pelajaran matematika adalah salah satu dari mata pelajaran yang dapat memberikan nilai-nilai yang terdapat di dalamnya. Mempelajari matematika dapat mempengaruhi emosi dalam diri peserta didik, hal ini dikarenakan peserta didik ada yang suka terhadap pelajaran matematika da nada pula yang tidak suka. Mempelajari matematika memberikan gambaran akan hubungan antara kecerdasan emosilan dengan hasil belajar matematika pada peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V MIN Jelantik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi. Penelitian ini menghasilkan perhitungan uji hipotesis regresi signifikan karena Fhitung>Ftabel yaitu 5.06 2.12 dengan sumbangan efektif (SE) sebesar 21,16%. Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas V MIN Jelantik.
Copyrights © 2022