Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 6 (2023): Volume 4 Nomor 6 Tahun 2023

PEMBERDAYAAN UMKM LOKAL MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN E-COMMERCE

Mulyadi, Tirta (Unknown)
Wahab, Abdul (Unknown)
Lubis, Renny (Unknown)
Asir , Muhammad (Unknown)
Hanafiah, Hafidz (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Pemberdayaan UMKM tidak hanya berkontribusi pada perkembangan individu atau bisnis tersebut, tetapi juga memberikan dampak positif pada ekonomi lokal. tujuan dilakukannya Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk memberdayakan UMKM lokal melalui pelatihan digital marketing dan e-commerce. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif dengan studi literature atau Library Research. Tujuannya adalah untuk menganalisis perbandingan teori-teori yang ada dengan teori-teori sebelumnya pada literature hasil penelitian. Literature yang digunakan adalah literature dari hasil Pengabdian kepada Masyarakat atau review yang tersaji dalam artikel ilmiah berupatasi nasional dan internasional yang bersesuaian dengan topik yang akan dikaji. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing, maka UMKM perlu meningkatkan adaptasi terhadap perkembangan teknologi pemasaran yang sedang berkembang saat ini, seperti kemampuan dalam bermedia sosial atau digital marketing. Pelatihan marketing dan e-commerce UMKM lokal melalui pengembangan marketing secara digital guna mendorong ekonomi masyarakat agar semakin bangkit dan mengikuti perkembangan saat ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...