Pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan di kelas X C dengan latar belakang yaitu pelaksanaan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Toroh untuk pertama kali dan kesiapan siswa dalam menjalankan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar. Hal ini merupakan tantangan bagi guru sebagai peneliti untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan proses dan dampak pembelajaran berdiferensiasi bagi siswa kelas X C. Metode penelitan kuantitatif deskriptif. Penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan pengamatan di kelas dan mengolah data yang diperoleh serta mengkaji untuk mendeskripsikan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan penelitian diperoleh data bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dan diikuti tumbuhnya karakter kolaborasi, tanggung jawab dan peduli serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan perubahan sikap dalam belajar yang semula kurang aktif menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. Hasil penelitian rata-rata nilai presentasi kelompok siklus I diperoleh nilai 85 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara melalui pengelompokkan yang sesuai minat dan gaya belajar siswa. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa mengingat pengelompokkan siswa disesuaikan kebutuhan belajar. Hal ini diikuti dengan tumbuhnya karakter dan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila sesuai harapan kurikulum merdeka.
Copyrights © 2023