cover
Contact Name
Suwanto
Contact Email
info@nafatimahpustaka.org
Phone
+6281235775561
Journal Mail Official
info@nafatimahpustaka.org
Editorial Address
DESA PALEBON RT 04 RW 02 , Kab. Gresik, Provinsi Jawa Timur, 61162
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Paramaedutama
ISSN : 30253039     EISSN : 29886996     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan pengajaran, serta kebudayaan. Publikasi pada jurnal tersebut dapat berupa artikel hasil penelitian, artikel review, literature, atau artikel laporan lapangan (research report, field report). Jurnal Paramaedutama dikelolah oleh PT. Nafatimah Gresik Pustaka terbit 4 kali setiap tahun pada bulan September, Desember, Maret, dan Juni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 56 Documents
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Kalor Dan Perpindahannya Menggunakan Model Think pair share Hidayah, Nurul; Sabarata, Sabarata; Suwanto, Suwanto
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan alam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Rantau Karau Raya. Pembelajaran yang berpusat pada guru, di mana instruksi biasanya terbatas pada ceramah, adalah salah satu faktornya. Hal tersebut membuat siswa menjadi kurang tertarik, kurang bersemangat dan membuat siswa tidak dinamis dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dengan menggunakan model kooperatif Think pair share, penelitian bertujuan untuk menaikkan hasil belajar siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan alam Kalor dan Perpindahannya. Jenis ujian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Ada empat fase untuk setiap siklus: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan evaluasi. Penelitian ini difokuskan pada 13 siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Rantau Karau Raya, 9 diantaranya laki-laki dan 4 diantaranya perempuan. Instrumen yang digunakan dalam ulasan ini adalah tes tertulis. Siklus I memiliki tingkat ketuntasan belajar sebesar 53,84 persen atau 7 siswa yang menuntaskan mata pelajaran, sedangkan siklus II memiliki tingkat ketuntasan belajar sebesar 92,30 persen atau 12 siswa yang menuntaskan mata pelajaran. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model kooperatif think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Rantau Karau Raya pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kalor dan perpindahannya.
Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi Adca, Mutiara; Gutji, Nelyahardi; Wahyuni, Hera
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi 2021 sebanyak 198 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 133 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrument yaitu angket intensitas penggunaan smartphone dan prokrastinasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum intensitas penggunaan smartphone berada pada klasifikasi tinggi dengan persentase sebesar 70,59% dan prokrastinasi akademik juga berada pada klasifikasi tinggi dengan persentase sebesar 61,45%. Analisis data yang diperoleh dari hasil analisis regresi sederhana sebesar 0,145 dipersentasekan menjadi 14,5% termasuk dalam nilai determinasi rendah tapi pasti berdasarkan kriteria penafisran pengaruh.
Pengaruh Hubungan Kontrol Diri Dengan Kecanduan Instagram pada Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi Mulia, Andi; Gutji, Nelyahardi; Yusra, Affan
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan Instagram yang semakin luas di kalangan siswa SMA Negeri 3 kota Jambi dan kekhawatiran terkait potensi kecanduan Instagram pada populasi tersebut.  Metode penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi dengan jumlah 55 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Kecanduan  Instagram Pada Siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi dikategorikan ke dalam korelasi sedang. Berdasarkan hasil pengolahan angket yang telah disebarkan oleh peneliti. Diketahui bahwa nilai pearson correlation dan analisis korelasi product moment formula panjang adalah sebesar 0,656. Simpulan dalam penelitian ini yaitu tingkat kecanduan instagram siswa persentasenya adalah 50,02%. yang berada pada tingkatan sedang, tingkat kontrol diri siswa persentasenya adalah 50,64% yang berada pada kategori sedang. Hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan instagram siswa di SMA Negeri 3 Kota Jambi dikategorikan ke dalam korelasi sedang.  
Hubungan Komunikasi Interpersonal Orangtua-Siswa dengan Kedisiplinan Tata Tertib Siswa di Sekolah Siswa Kelas VIII SMPN 5 Muaro Jambi Jannah, Nur; Sutja, Akmal; Wahyuni, Hera
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tingkat dan hubungan komunikasi interpersonal orangtua-siswa dengan kedisiplinan tata tertib sekolah siswa kelas VIII di SMPN 5 Muaro Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 119. Sampel dalam penelitian adalah 91 siswa, dan teknik yang digunakan dalam penarikan sampel pada penelitian adalah Simple Random Sampling untuk variabel X dimana diambil secara acak sesuai pengukuran sampel representatif dan setiap orang berpeluang menjadi sampel dan Teknik Purposive Sampling untuk variabel Y yaitu menetapkan sampel berdasarkan tujuan tertentu atau ditetapkan karena terdekat dan mengetahui informasi atau permasalahan yang diteliti, dimana sampel dalam penelitian ialah siswa yang masih mempunyai orangtua yang lengkap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan instrumen (angket). Dari hasil pengolahan data keseluruhan dengan menggunakan presentase bahwa data menunjukkan tingkat komunikasi interpersonal orangtua pada siswa kelas VIII di SMPN 5 Muaro Jambi berada pada kategori sedang sebesar 41,2% dan hasil pengolahan data keseluruhan dengan menggunakan presentase bahwa datamenunjukkantingkat kedisiplinantatatertibsekolahpadasiswakelasVIIIdi SMPN 5 Muaro Jambi berada pada kategori sedang sebesar 43%. Dari hasil analisis korelasi terdapat hubungan signifikan ke arah positif antara komunikasi interpersonal orangtua-siswa dengan kedisiplinan tata tertib sekolah. Nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0.000 < 0.05. Hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-siswadengan hasil rhitung0,379 yang berada pada kategori korelasi rendah yaitu hubungan jelas tetapi kecil.
Pengaruh Penyesuaian diri Terhadap Tingkat Kecemasan dalam Mengahadapi Ujian Siswa di SMP N 9 Kota Jambi Nurjannah, Nurjannah; Aini, Millaty; Gutji, Nelyahardi; Wahyuni, Hera
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan latar belakang  permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 9 Kota Jambi bahwa terdapat banyak siswa yang belum bisa menyesuaikan diri dengan baik, sehingga muncul nya permasalahan-permasalahan kecemasan dalam menghadapi ujian maupun dalam menyesuaikan dirinya di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh penyesuaian diri terhadap tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Kota  Jambi sebanyak 138 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitaif dengan pendekatan expost facto. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan angket, dan untuk mengetahui ketepatan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reabilitas. Dalam penelitian ini menggunakan skala likert, dalam skala likert terdapat 5 opsi jawaban yaitu, Selalu (SL), Sering (SR), Kadang-Kadang (KK), Jarang (JR) dan Tidak Pernah (TP). Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan persentase formula C, uji normalitas, uji linearitas serta analisis regresi sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan secara umum bahwa penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi secara keseluruhan berada pada tingkat tinggi dengan persentase sebesar 57,97%. Sedangkan tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 42,02%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa berdasarkan hasil R square pada R tabel menunjukkan koefisiensi determasi pada angka 0.342 atau 34.2%, menunjukkan terdapat pengaruh penyesuaian diri terhadap tingkat kecemasan dalam menghadapi ujian siswa di SMP Negeri 9 Kota Jambi.
Pengaruh Layanan Informasi Bidang Sosial Terhadap Pemahaman Etika Sosial Siswa Di SMA Negeri 6 Kota Jambi Viranti Wahidah; Nelyahardi Gutji; Siti Amanah
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi bahwa pemahaman etika social siswa itu penting. Karena masih banyak ditemukan dan terjadi mengenai kasus-kasus dimana minimnya pemahaman siswa mengenai etika sosial, bukan hanya dalam lingkungan sekolah melainkan dalam lingkungan masyarakat dimana masih banyak terdengar perkelahian antar siswa hanya karena salah dalam bertutur kata, banyak terjadi tauran antar pelajar yang terjadi diluar sekolah. Dari itu diadakan penelitian dengan memberikan layanan nformasi mengenai etika social kepada siswa agar dapat mengetahui bagaimana cara beretika baik di lingkungan sekolah dan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adakah pengaruh layanan informasi bidang sosial terhadap pemahaman etika sosial siswa . Penelitian ini dibatasi pada layanan informasi dengan fungsi pemahaman. Etika sosial yang terdiri dari insting, pola dasar bawaan, adat istiadat dan kebiasaan, serta lingkungan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 122 siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Jambi dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan expost facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari pemberian layanan informasi mengenai pemahaman etika sosial siswa dari pengolahan nilai koefisiensi determinasi menggunakan bantuan aplikasi SPSS V.26 diperoleh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,237 yang dapat diartikan variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 23,7%.
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Teks Descriptive Kelas X Lestari; Surya Diah Purbasari
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan di kelas X C dengan latar belakang yaitu pelaksanaan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Toroh untuk pertama kali dan kesiapan siswa dalam menjalankan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar. Hal ini merupakan tantangan bagi guru sebagai peneliti untuk menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan proses dan dampak pembelajaran berdiferensiasi bagi siswa kelas X C. Metode penelitan kuantitatif deskriptif. Penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan pengamatan di kelas dan mengolah data yang diperoleh serta mengkaji untuk mendeskripsikan penelitian yang dilakukan. Berdasarkan penelitian diperoleh data bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dan diikuti tumbuhnya karakter kolaborasi, tanggung jawab dan peduli serta mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Pembelajaran berdiferensiasi menunjukkan perubahan sikap dalam belajar yang semula kurang aktif menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar. Hasil penelitian rata-rata nilai presentasi kelompok siklus I diperoleh nilai 85 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 90. Hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan berbicara melalui pengelompokkan yang sesuai minat dan gaya belajar siswa. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa mengingat pengelompokkan siswa disesuaikan kebutuhan belajar. Hal ini diikuti dengan tumbuhnya karakter dan terwujudnya Profil Pelajar Pancasila sesuai harapan kurikulum merdeka.
Studi Kasus Pola Asuh Orangtua Tunggal Terhadap Rasa Percaya Diri Remaja di Desa Simpang Sungai Duren Kabupaten Muaro Jambi Kurnia Mutiara Indah; Akmal Sutja; Siti Amanah
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbagai perilaku yang akan terjadi sebagai dampak dari salahnya pola asuh  orang tua  pada usia remaja yaitu anak menjadi nakal, bersuara keras tidak pada tempatnya, melawan orang tua, suka menghindar dari sosial dan kurangnya percaya diri. Pola pengasuhan tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap rasa percaya diri anak. Pola pengasuhan yang salah tentunya dapat membuat anak tidak memiliki rasa percaya diri yang baik. Banyaknya kasus ini membuat peneliti ingin melihat lebih jauh  mengenai pola asuh orang tua tunggal terhadap rasa percaya diri remaja.penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pola asuh orang tua tunggal terhadap remaja yang memiiki rasa percayadiri yang rendah di Desa Simpang Sungai Duren Kec. Jambi Luar Kota Kab. Muaro Jambi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang dan informan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang. Dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data serta triangulasi data sebagai teknik analisis data dalam penelitian ini.Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang diberikan oleh kedua orang tua tunggal partisipan saat ini adalah pola asuh demokratis. Meski tak seluruh dari pola asuh tersebut sama antara partisipan 1 dan partisipan 2 hasil analisis data menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan keduanya bersifat demokratis. Hasil penelitian pun juga menujukkan bahwa saat ini remaja memiliki rasa percaya diri yang rendah. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh tersebut tidak berpengaruh buruk terhadap rasa percaya diri remaja dikarenakan pola asuh yang diberikan tidak jauh berbeda dari pola asuh sebelumnya dan hal yang membuat mereka tidak percaya diri adalah kehilangan peran orang tua mereka yang sudah tiada.
Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi DI SMAK Aweidabi Deiyai Anakleta Doo; Muhammad Miftah Farid; Siti Mazilatus Sholikha; Arif Syafi'ur Rochman; Sucipto
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMAK Aweidabi Deiyai adalah salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum 2013 dimana.hasil belajar  ekonomi siswa kelas X IIS di SMAK Aweidabi Deiyai masih belum mencapai kriteria ketuntasan belajar klasikal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IIS di SMAK Aweidabi Deiyai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis linier berganda. Populasi dan sampel dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas X IIS yang berjumlah 97 siswa karena sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak positif terhadap motivasi  dan kesiapan belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji F yang diperoleh nilai Fhitung sebesar 180,033 dengan tingkat signifikansi F sebesar 0,000 atau F< 0,05.
Pengaruh Pemberian Layanan Informasi Sebagai Pencegahan Terhadap Perilaku Pelecehan Seksual pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 12 Kota Jambi Ayu Arimbi; Akmal Sutja; Freddi Sarman
Jurnal Paramaedutama Vol 1 No 1 (2023): Paramaedutama
Publisher : PT. Nafatima Gresik Pustaka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berbagai Kasus pelecehan seksual pada anak menjadi masalah yang meningkat tiap tahunnya, bahkan muncul jenis kasus baru dimana anak menjadi pelaku pelecehan seksual terhadap anak lainnya. Salah satu faktor sukarnya penuntasan masalah ini ialah sulit mendeteksi terjadinya pelecehan seksual karena anak sebagai korban juga tidak paham bahwa yang ia alami ialah pelecehan. Sehingga, dirasa penting pemberian informasi pelecehan seksual pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan informasi terhadap tingkat pengetahuan siswa akan perilaku  pelecehan seksual, sebagai salah satu bentuk pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah. Penelitian yang dilakukan di Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 12 Kota Jambi ini menggunakan pre-test dan post-test design yang termasuk pada penelitian true eksperimen. Penelitian difokuskan pada populasi kelas VII dan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII.1 dan kelas VIII.2, dengan jumlah siswa masing-masing 29 orang. Berdasarkan selisih hasil pre-test dan  post-test, terdapat perbedaan tingkat pengetahuan pelecehan seksual pada kelas kontrol dengan selisih  nilai 21,773 dan kelas eksperimen dengan selisih nilai 6,479. Dalam menganalisis data menggunakan SPSS versi 26.0 digunakan Independent T-test, dengan hasil output menunjukkan Sig.0,042, yang kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan penting antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam hal peningkatan pengetahuan tentang pelecehan seksual. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi berdampak signifikan terhadap peningkatan pengetahuan tentang pelecehan seksual yang merupakan langkah penting dalam pencegahan pelecehan seksual pada anak usia sekolah.