Journal of Educational Research and Humaniora (JERH)
Volume 1 Nomor 2 Juni 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika

Martatis Martatis (MAN 2 Pesisir Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika. Subjek dalam penelitian ini adalah 90 siswa pada tiga kelompok kelas X MAN 2 Pesisir Selatan yang mengikuti pembelajaran fisika materi fluida statis tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan one group pre-test and post-test design. Pada penelitian ini siswa akan diberikan tes yang sama (pre-test dan post-test) pada ketiga kelompok sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran fisika dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan nilai skor kemampuan berpikir kritis siswa pada masing-masing kelompok sebesar 5%; 2) rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis siswa tiap kelompok termasuk kategori tinggi; dan 3) rata-rata N-gain ketiga kelompok tidak berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbhs

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Humaniora (JERH) mempublikasi artikel yang berfokus kepada penelitian-penelitian pendidikan dan humaniora, fokus kajian jurnal sebagai berikut : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Sosial 3. Psikologi Pendidikan 4. Teknologi Pendidikan 5. Budaya ...