Journal of Educational Research and Humaniora (JERH)
Volume 1 Nomor 3 September 2023

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 17 Panai Hulu

Tricya Hartanti Putri Sk Sitorus, Umar Darwis (Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini terdiri dari 2 siklus (siklus 1 dan siklus 2) setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 17 Panai Hulu. Yang menjadi latar belakang pada penelitian ini adalah aktivitas siswa yang rendah, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model Problem Based Learning dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri 17 Panai Hulu. Instrumen pada penelitian ini adalah : Lembar observasi aktivitas belajar siswa dan Guru. Hasil dari penelitian awal pelaksanaan preetest sebelum dilaksanakan Model Problem Based Learning siswa memiliki nilai rata-rata 74,13 dan hanya 9 siswa (40,90%) siswa dinyatakan tuntas. Setelah dilaksanakan suklus 1 jumlah siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa (59,9%). Lanjut siklus 2 tingkat ketuntasan 86,36% dinyatakan tuntas sebanyak 19 orang dan 13,6% dinyatakan tidak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pempbelajaran menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi bilangan romawi di kelas IV SD Negeri 17 Panai Hulu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbhs

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Journal of Educational Research and Humaniora (JERH) mempublikasi artikel yang berfokus kepada penelitian-penelitian pendidikan dan humaniora, fokus kajian jurnal sebagai berikut : 1. Pendidikan dan Pembelajaran 2. Pendidikan Sosial 3. Psikologi Pendidikan 4. Teknologi Pendidikan 5. Budaya ...