Media pembelajaran ialah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam aktivitas pembelajaran. Media pembelajaran menjadi mediator antara pendidik dengan peserta didik pada penyampaian materi. Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia memberikan akibat yang sangat berpengaruh terhadap pendidikan pada Negara Indonesia. Siswa melaksanakan aktivitas pembelajaran secara daring (dalam jaringan) asal rumah. Model media pembelajaran yang digunakan pendidik terutama siswa tunanetra ketika pandemi Covid-19 ialah media pembelajaran Musik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat efek media pembelajaran musik yang menjadi alternatif dari media pembelajaran yang ada. Penelitian dilaksanakan di SLBA Pembina tingkat Nasional Jakarta saat masa pandemi Covid-19. Deskriptif kuantitatif dipergunakan sebagai metodologi, di penelitian ini menggunakan instrumen berupa survey pertanyaan yang diajukan kepada siswa pada SLBA Pembina tingkat Nasional Jakarta. Hasil Penelitian dinyatakan bahwa media pembelajaran musik sangat berpengaruh untuk meningkatkan kualitas belajar bagi peserta didik. Selain itu pula, media pembelajaran musik efektif dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, sebab memudahkan peserta didik pada menerapkan gerakan-gerakan olahraga dengan irama musik
Copyrights © 2021