AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat			
            
            
            
            
            
            
            
            The Focus and Scope of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results for applicate that have been achieved in the area of community services. The journal is published 2 (two) times in 1 year. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat of the sciences of community services areas as follows: community education such as training, counseling, learning, and matters related to community education.
            
            
         
        
            Articles 
                54 Documents
            
            
                        
            
                                                        
                        
                            LATIHAN MEDIA INTERAKTIF PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 01 CIPUTAT TIMUR SEBAGAI PENDUKUNG PROSES PEMBELAJARAN 
                        
                        lutfi lutfi; 
Hastri Rosyanti; 
Mulkan Habibi                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3, No 1 (2023): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.3.1.1-6                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Pengabdian kepada masyarakat dilakukan memilikin tujuan agar guru-guru MI Muhammadiyah 01 Ciputat memiliki kompetensin dan kemampuan yang dapat mengikuti zamanya yaitu mengkolaborasikan pembelajaran dengan teknologi untuk proses pembelajaran di kelas. Pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi power point yang membuat guru akan lenih muda dan menarik menyampaikan kepada siswa dengan memanfaatkan animasi, video, suara, teks dan lain lain-lain menjadi semenarik mungkin serta memotivasi siswa agar giat belajar. Metode yang metode yang digunakan dalam pelatiohan ini adalah ceramah, diskusi, dan demostrasi praktik menggunaan computer dan penyajian bahan ajar kepada guru-guru MI Muhammadiyah 01 CIputat. Matri yang disampaikan adalah pengertian power point, manfaat dan fungsi, serta praktik untuk dilapangan sampai produk yang dihasilkan.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN SURFING TINGKAT DASAR BERBASIS PERMAINAN UNTUK ANAK PESISIR BARAT LAMPUNG 
                        
                        Nofi Marlina Siregar; 
Eka Fitri Novita Sari; 
Marlinda Budiningsih; 
Lilis Suryani                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.2.1.29-34                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Pengabdian ini bertujuan untuk membuat Pelatihan  Surfing Tingkat Dasar Berbasis Permainan Untuk Anak Pesisir Barat Lampung. Dengan tujuan pengabdian untuk mengembangkan keterampilan bermain surfing seperti menggayuh papan, berdiri dipapan, dan bermain dilaut Pengabdian ini menggunakan metode pengabdian berupa Pratek dan Ceramah, dimana narasumber meberikan materi teori dan pratek tentang surfing kepada peserta pelatihan surfing. Pelatihan  ini dilakukan oleh 2 orang narasumber,  8 orang  tim pendukung, dilaksanakan di Pesisir Pantai Krui yang berada di wilayah Labuhan Jukung  Krui Pesisir Barat Lampung dengan subjek pengabdian sebanyak  30 anak yang berada di sekiitar Pesisir Pantai Krui Pesisir Barat Lampung. Dari hasil pengamatan saat pelatihan ini, anak anak peserta pelatihan memiliki semangat dan motivasi besar dari awal sampai akhir pelatihan. peserta sangat puas dan senang dengan adanya pelatihan seperti ini, karena sebelumnya tidak ada pelatihan surfing terhadap mereka, mereka hanya melihat lihat saja ketika ada masyarakat lokal maupun para turis mancanegara yang sedang bermain surfing. Berdasarkan hasil pengabdian diatas  dapat disimpulkan bahwa Motivasi dan antusiasme anak anak dalam mengikuti Pelatihan  ini sangat baik.bahkan orang tua dan masyarakat setempat sangat mendukung diadakan pelatihan ini. Terjadi interaksi yang aktif antara tim pelaksana dengan pengurus surfing, pelatih dan peserta pelatihan ini. Bertambahnya pengetahuan dan pemahanan dalam  keterampilan bermain surfing. Bertambahnya wawasan tentang laut, ombak dan lain lain. Bertambahnya wawasan dan pengetahuan tentang model latihan surfing dari yang ringan sampai yang berat. Pelatihan surfing tingkat pemula sangat lah penting agar bisa mengenalkan olahraga surfing pada anak-anak, sehingga mereka termotivasi dan tujuan memasyarakat kan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dapat terwujud.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            WORKSHOP PERANCANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BAGI MAHASISWA CALON GURU 
                        
                        Baiq Rika Ayu Febrilia; 
Sanapiah Sanapiah; 
Yuntawati Yuntawati; 
Masjudin Masjudin; 
Sabrun Sabrun                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.1.1.19-28                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai perancangan multimedia pembelajaran berbasis video kepada mahasiswa calon guru yang dikemas melalui workshop secara online di masa pandemi Covid 19. Fokus kegiatan workshop adalah pada pembuatan video multimedia pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPointmelalui teknik screen recording. Ide ini dilandasi dengan pemikiran bahwa mahasiswa calon guru harus memiliki keterampilan tambahan untuk mendukung perannya sebagai guru nanti. Selain itu, perkembangan pembelajaran saat ini menuntut kreativitas guru tanpa batas dengan memanfaatkan perangkat digital untuk dapat membuat siswa tetap terlibat aktif dalam proses pembelajaran, terlebih di masa pandemi ini. Mitra pengabdian ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Mandalika dan melibatkan 35 mahasiswa semester 5. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan menggunakan dua tahapan, yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Tahap persiapan digunakan untuk mempersiapkan alat, bahan, jadwal dan kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk menunjang lancarnya program. Tahap pelaksanaan meliputi proses implementasi kegiatan pengabdian yang telah diprogramkan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu merancang tahapan materi dalam video menggunakan storyboard, menghasilkan video pengenalan multimedia pembelajaran dan mengunggahnya pada laman youtube akun masing-masing.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH BAGI GURU SD 
                        
                        Khaerunnisa Khaerunnisa; 
Mutiarani Mutiarani; 
Afi Nuraida                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.2.2.59-64                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masalah guru-guru SD banyak yang belum memahami tentang penulisan Artikel Ilmiah. Tujuan peneliti melakukan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis artikel bagi guru SD di daerah Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. Masalah yang dihadapi atau dialami oleh guru SD tersebut yaitu Kurangnya pemahaman tentang penulisan Artikel Ilmiah. Kegiatan pengabdian masyarakat terdapat 3 kegiatan yaitu, (1) Memberikan pelatihan sebanyak 2 kali pertemuan yaitu melalui pelatihan secara luring dan daring, (2) Memberikan penugasan berupa membuat artikel ilmiah, serta (3) Melakukan review dari hasil penugasan dalam membuat artikel ilmiah guru SD di daerah Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dalam kurun waktu selama 4 kali pertemuan. Hasil dari kegiatan pengadian masyarakat yang dilakukan yaitu guru SD di daerah Cibaliung, Kab. Pandeglang mengalami suatu peningkatan terhadap kemampuan menulis Artikel Ilmiah setelah diadakannya pelatihan dan penugasan dari tim pengabdian masyarakat.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN TERNAK LELE DAN SAYURAN ORGANIK UNTUK KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID 19 
                        
                        Zulfitria Zulfitria; 
Ahmad Susanto; 
Sriyanti Rahmatunnisa; 
Aswir Aswir; 
Ririn Widiyasari                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.2.1.13-20                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Dengan terjadinya Covid 19 menghantam berbagai sektor bidang kehidupan salah satunya bidang ekonomi. Dampaknya membuat masyarakat menjadi terpuruk, banyak kepala keluarga yang menjadi korban PHK, menurunnya kesehatan, terancam krisis pangan, dan berpenghasilan harian yang hilang selama Covid 19. Salah satu solusi mengatasi hal tersebut adanya pengabdian ke masyarakat dari kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta Bersama mitra yaitu KLR Cinta (Kampung Ramah Lingkungan Ciangsana Tercinta). Kegiatan dilakukan berupa memberikan pelatihan dan pendampingan ternak lele dan sayuran organic di Desa Ciangsana Gunung Putri Bogor. Tujuan kegiatan ini diharapkan dapat membantu masyarakat terdampak Covid 19 dalam membantu sektor perekonomian keluarga dengan menghemat pengeluaran belanja lauk dan sayur. Metode pengabdian ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan langsung ke warga di Desa Ciangsana dengan tetap menjalankan protokoler kesehatan ketat berupa memakai masker dan peserta pelatihan yang dibatasi. Hasil pelatihan ini diharapkan bahwa masyarakat  dapat memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk beternak lele dan menanam sayuran organic untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari sebagai upaya ketahanan pangan di masa pandemik covid 19. Pentingya pelatihan ini membawa masyarakat mendapatkan penghasilan serta kegiatan positif dan produktif selama di rumah juga melaksanakan anjuran pemerintah dengan lebih banyak beraktivitas di rumah .
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PELATIHAN KAHOOT SEBAGAI E-ASSESMENT UNTUK GURU SD DI CIKOLE, SUKABUMI 
                        
                        Nurbaiti Widyasari; 
Apri Utami parta Santi; 
Pratiwi Kartika Sari; 
Venni Herli Sundi                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 2 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.1.2.7-14                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Media pembelajaran berbasis teknologi di era digital 4.0 semakin berkembang. Keberadaan media pembelajaran ini mendorong proses pembelajaran menjadi pembelajaran yang menarik. Dengan proses pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan, peserta didik dapat terkesan ketika belajar. Proses pembelajar perlu diukur dalam bentuk tes evaluasi yang memanfaatkan teknologi. Salah satu teknologi mutakhir dalam evaluasi pembelajaran yaitu aplikasi Kahoot!. Tujuan dilakukan pelatihan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan guru SD di Daerah Sukabumi untuk dapat melakukan kegiatan evaluasi pembelajaran dengan lebih menyenangkan dan efisien. Aplikasi Kahoot! Dapat digunakan sebagai instrumen tes pembelajaran di era digital. Kahoot! merupakan aplikasi online berbasis website yang dapat digunakan sebagai evaluasi pembelajaran. Metode pelaksanaan dilakukan dalam bentuk pelatihan. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada guru untuk menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian e-assesment. Langkah selanjutnya dilakukan kegiatan penerapan instrumen yang telah dibuat. Kegiatan pelatihan ini akan dilakukan dalam 3 tahapan yaitu pelatihan tahap 1 adalah Pengenalan literasi digital, Tahap 2 adalah simulasi Praktek Literasi Digital dan Tahap 3 adalah pengembangan produk literasi digital. Pelatihan ini memberikan dampak positif bagi guru-guru. Pada hasil pendampingan, guru peserta pelatihan sudah mulai menyusun dan menerapkan penilaian e-assesment dalam pembelajaran, sehingga rubrik penilaian sudah mulai di implementasikan dalam melakukan penilaian pembelajaran.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENDAMPINGAN PENERAPAN SCAFFOLDING BERMAIN MELALUI SENTRA MAIN PERAN MAKRO 
                        
                        Susilahati Susilahati                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 3, No 1 (2023): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.3.1.31-44                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Masih banyak lembaga Taman Kanak Kanak (TK)  yang belum menerapkan bermain yang bermakna dalam metode pembelajarannya. Dua masalah mendasar yang sering dirasa sulit dilakukan  adalah bagaimana setting bermainnya dan apa yang dilakukan guru dalam mendukung kegiatan bermain tersebut, agar potensi anak teroptimalkan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, membantu TK Aisyiyah Bustanul Athfal 83  yang memiliki hasrat untuk menerapkan pembelajaran berbasis bermain namun mengalami kesulitan untuk memulainya, Mengawali hal ini, disepakati bersama dengan mitra untuk  melakukan program pendampingan  menerapkan scaffolding (pijakan) bermain melalui sentra main peran makro. Metode pendampingan dilakukan melalui serangkaian kegiatan berupa sosialisasi , pelatihan, workshop, FGD lalu penerapannya yang diikuti dengan kegiatan monitoring dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukan TK Bustanul Athfal 83 telah memiliki sentra main peran , para guru telah mampu menerapkan scaffolding bermain , peserta didik mendapatkan pengalaman bermain yang bermakna, orang tua sepakat untuk melanjutkan kegiatan ini. Pengalaman pendampingan ini, telah menginspirasi TK ABA 83 ini untuk memprogram kegiatan bermain yang bermakna dalam metode pembelajaran  di semester berikutnya, bahkan berniat memperluas bentuk setting main lainnya melalui berbagai sentra main.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            PENINGKATAN KOMPETENSI CALON KONSELOR PADA MAHASISWA HKI FAI UMJ MELALUI PELATIHAN KONSELING 
                        
                        Rini Fatma Kartika; 
Siti Rohmah; 
Khasnah Saidah; 
Fakhrurazi Fakhrurazi; 
Nadia Safira                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 1 (2022): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.2.1.7-12                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa HKI dan penguatan kompetensi mahasiswa HKI sebagai calon konselor dalam memberikan konseling hukum keluarga Islam. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan pendidikan orang dewasa (Andragogi), yang terdiri dari 5 langkah yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) sosialisasi/mendata peserta, 3) Pelatihan konseling (Teori dan praktik) , 4) Refleksi, 5) Pelaporan. Output yang diperoleh dari pelatihan ini adalah peningkatan kompetensi dalam memberikan konseling Hukum Keluarga Islam dan kesiapan mahasiswa HKI sebagai calon konselor, secara skill dan mental bertambah baik sehingga mampu memecahkan permasalahan yang terjadi dan siap menjadi konselor.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEKOLAH MENGGUNAKAN E-LEARNING 
                        
                        Mahbubul Wathoni; 
Adi Alam; 
Sari Palestina; 
Rikaro Ramadi; 
Ahmad Fikri Adriansyah; 
Diah Budi Ratriningrum; 
Mia Hariyani                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.1.1.39-46                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Pembelajaran ialah suatu kebutuhan terutama dalam keberlangsungan proses belajar mengajar yang membutuhkan tanggung jawab moral lumayan besar untuk seseorang pendidik. Tingkatan keberhasilan pembelajaran terhadap siswa sangat tergantung pada pertanggungjawaban seseorang guru dalam melakukan tugasnya.. Dalam sebuah proses pendidikan, pemilihan model serta tata cara ataupun media pendidikan sangat diperlukan buat melaksanakan penyesuaian dengan keahlian dari peserta didik, supaya memudahkan dalam pemilihan kurikulum serta kompetensi untuk partisipan didik. Pendidikan dikala ini, lebih ditunjukan pada kegiatan modernisasi dengan dorongan teknologi mutahir dengan harapan bisa menolong siswa dalam mengolah modul pendidikan secara interaktif, produktif, efisien, inspiratif, konstruktif, serta mengasyikkan. Tidak hanya itu, siswa pula diharapkan mempunyai life skill dari aplikasi teknologi tersebut. Dengan terdapatnya masa teknologi yang terus menjadi tumbuh ini hingga progam pendidikan ditunjukan buat dapat menggunakan teknologi dengan lebih baik. Salah satu pemanfaatan teknologi dikala ini merupakan e-learning memakai website buat mengaksesnya. Tidak memungkiri sebab banyak siswa saat ini mempunyai smart phone jadi lebih gampang buat mengaksesnya dari manapun terletak serta kapanpun.
                                
                             
                         
                     
                    
                                            
                        
                            SOSIALISASI PEMANFAATAN BUKU BEKAS LAYAK BACA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KEDAUNG SAWANGAN DEPOK 
                        
                        Fitria Rosmi; 
Siti Shofiyah; 
Rahmita Nurul Muthmainnah                        
                         AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 2, No 2 (2022): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 
                        
                        Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta 
                        
                             Show Abstract
                            | 
                                 Download Original
                            
                            | 
                                
                                    Original Source
                                
                            
                            | 
                                
                                    Check in Google Scholar
                                
                            
                                                                                            
                                | 
                                    DOI: 10.24853/an-nas.2.2.51-58                                
                                                    
                        
                            
                                
                                
                                    
Permasalahan yang sekarang dihadapi oleh anak-anak usia sekolah dasar adalah kurangnya minat baca, sehingga hal ini menjadi fokus para pengamat pendidikan, pendidik dan semua stakeholder yang berkiprah di dunia Pendidikan. Permasalahan ini ditemukan juga di Desa Kedaung Sawangan Depok. Anak-anak usia sekolah dasar di lingkungan ini mayoritas dari keluarga dengan perekonomian menengah ke bawah dengan minat baca rendah. Sosialisasi pemanfaatan buku bekas layak baca dilakukan guna menumbuhkan minat dan karakter gemar membaca pada anak usia sekolah dasar. Sosialisasi ini dilakukan dua tahap, pertama sosialisasi di media social dan lingkungan mahasiswa terkait pentingnya buku bekas layak baca yang diakhiri dengan penggalangan donasi buku. Kedua, sosialisai kepada para orang tua agar memahami pentingnya membaca bagi anak-anak dan agar orang tua mampu memulai pembiasaan budaya membaca di rumah. Selain itu sarana prasarana pojok baca melauli program pengabdian masyarakat dengan bekerja sama dengan ketua RT disiapkan guna memfasilitasi anak-anak agar lebih familiar dengan buku.