Journal of Mandalika Social Science
Vol 2 No 1 (2024): Journal of Mandalika Social Science

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah

Bintang, Abdul Rahman (Unknown)
Makruf, Makruf (Unknown)
Siahaan, Aqbil Daffa (Unknown)
Gusmanelli, Gusmanelli (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Artikel ini disusun untuk mengkaji pentingya Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pendidikan agama Islam di sekolah cukup unik, jika pada masa sebelumnya daya fikir anak masih bersifat imajinatif dan egosentris maka pada masa ini daya pikir anak ·berkembang kearah berpikir kongkrit, rasional dan objektif. Adapun ruang lingkup kajian pendidikan agama Islam yaitu Al-Qur’an, akidah, akhlak, fiqh/ ibadah, dan sejarah kebudayaan Islam. Metode pendidikan yang bisa diterapkan mengacu kepada metode Qurani yakni metode amstal, metode qishah, metode ibrah mauidzah, metode hiwar jadali, metode uswah hasanah, dan metode targhib tarhib. Sementara itu, pendidikan Agama Islam bisa dilaksanakan secara secara verbal ataupun non verbal, tulis maupun non tulis yang ditujukan untuk mengukur komptensi intelektual, kompetensi sosial, kompetensi sosial dan kompetensi spiritual. Oleh karena itu, pendidikan agama Islam diharapkan dapat menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan keimanan, ketakwaan, dan akhlak serta aktif membangun peradaban Islam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jomss

Publisher

Subject

Humanities Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Journal of Mandalika Social Science is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published by Mandalika Institute. Journal of Mandalika Social Science provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the focus and scope of the ...