Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol. 3 (2022): Peningkatan Kualitas Layanan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Melalui Revitalisa

Analisis Lingkungan Belajar Peserta Didik Kelas X-5 di SMAN 5 Samarinda

Suyono, Deka Molly (Unknown)
Boleng, Didimus Tanah (Unknown)
Nooryani, Nooryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Lingkungan belajar sangat berperan dalam menciptakan gairah mahasiswa dan secara sosial sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Lingkungan belajar dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dan keefektifan belajar. Lingkungan belajar tidak hanya secara langsung mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar, lingkungan belajar juga akan menyentuh ranah kognitif atau personal siswa, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara umum lingkungan belajar peserta didik Penelitian ini tergolong jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 5 Samarinda yang berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan pengamatan langsung sehingga akan didapati hasil analisis lingkungan belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...