Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman
Vol. 3 (2022): Peningkatan Kualitas Layanan Program Studi Pendidikan Profesi Guru Melalui Revitalisa

Karakteristik Kematangan Emosi Sebagai Profil Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda

Rahmawati, Diah (Unknown)
Boleng, Didimus Tanah (Unknown)
Nooryani, Nooryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Trend pembelajaran masa kini mengarahkan pendidik untuk melaksanakan pembelajaran paradigma baru yang berpusat kepada kebutuhan peserta didik. Untuk mengetahui kebutuhan peserta didik, guru perlu melakukan profiling karakteristik peserta didik sebelum merancang kegiatan pembelajaran. Salah satu karakteristik yang penting adalah perkembangan emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan emosi peserta didik melalui kategorisasi kematangan emosi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen angket tertutup skala Likert. Kategorisasi dilakukan dengan menggunakan aspek kontrol emosi, penggunaan fungsi kritis mental, dan pemahaman diri. Dari 105 sampel yang dianalisis diketahui kematangan emosi peserta didik kelas X di SMA Negeri 5 Samarinda masuk pada kategori tinggi 61%, kategori sedang 39%, dan kategori rendah 0%. Dari ketiga aspek yang dianalisis diketahui nilai terendah ada pada aspek pemahaman diri. Untuk itu guru harus bertugas memberikan upaya dalam mengembangkan kematangan emosi peserta didik Hasil analisis kematangan emosi peserta didik ini dapat digunakan guru dalam memahami profil peserta didik. Sehingga guru mampu menentukan rancangan pembelajaran dan asesmen yang tepat untuk mengakomodasi perkembangan emosi peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

semnasppg

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman Prosiding dengan e-ISSN 2829 - 3541 (media online) berisi kumpulan makalah hasil-hasil penelitian yang telah lolos seleksi oleh tim reviewer dalam Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru call for paper yang diselenggarakan secara rutin setiap ...