Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI)
Vol 5 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Psikologi (JIPSI)

Pemberian Reinforcement Positif Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa MTs X

Aunurrika, Salsabila (Unknown)
Puspitaningrum, Noer Suci Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Dalam mencapai tujuan meningkatkan kedisiplinan, dapat dilakukan dengan memberikan penguatan positif kepada murid, karena penguatan positif bisa membuat murid merasa dihargai atas sikap, prestasi, dan usahanya. Penguatan positif adalah pembentukan suatu pola perbuatan dengan memberikan penghargaan atau penguatan segera setelah perbuatan yang diharapkan muncul. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas antara penguatan positif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dalam memberikan teknik intervensi berupa penguatan positif pada siswa jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Sebanyak 3 siswa kurang mampu dalam membentuk perilaku disiplin berdasarkan keseluruhan aspek disiplin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ketiga subjek, dua diantaranya masih belum memenuhi salah satu aspek dari kedisiplinan yaitu aspek sikap tertib siswa di dalam ruang kelas. Sedangkan subjek satunya sudah bisa memenuhi keseluruhan aspek kedisiplinan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPSI

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

JIPSI is a scientific journal in the field of psychology published by LPPM Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI). The publication of JIPSI aims to facilitate interaction, discussion and updating of ideas from psychologists and to keep abreast of research developments in the field of ...