Edulead
Vol 5 No 1 (2023): Edulead : Journal of Education Management

Peningkatan Keterampilan Menyusun Cerita Inspiratif Menggunakan Strategi Genius Learning Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas IX-A di SMPN 2 Karangsembung Tahun Pelajaran 2022/2023

Waryo Eddy Fatriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif siswa kelas IX-A SMPN 2 Karangsembung tahun pelajaran 2022/2023 dengan menerapkan strategi genius learning. Melalui model pembelajaran genius learning, peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk.Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan strategi genius learning mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menyusun Menyusun Cerita Insfiratif. Adanya peningkatan proses di aspek situasi belajar, fokus siswa, dan keaktifan, menjadikan perubahan positif sehingga menjadikan pembelajaran menyusun Menyusun Cerita Insfiratif lebih menarik dan menyenangkan. Kedua, pembelajaran menyusun Menyusun Cerita Insfiratif dengan strategi genius learning dapat meningkatkan hasil keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif. Hal ini terlihat dari skor rata-rata keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif sebelum diberi tindakan adalah 64,5 3 sedangkan setelah diberi tindakan siklus II skor rata-rata menjadi 85,00. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan sebesar 20,47. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua aspek dan kriteria menyusun Menyusun Cerita Insfiratif mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diketahui bahwa penggunaan strategi genius learning berhasil dan dapat meningkatkan keterampilan menyusun Menyusun Cerita Insfiratif siswa kelas IX-A SMPN 2 Karangsembung

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan ...