cover
Contact Name
Teguh Lesmana
Contact Email
teguhcrbn131@gmail.com
Phone
+6283824046348
Journal Mail Official
edulead.bbc@gmail.com
Editorial Address
https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edulead/timeditor
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Edulead
ISSN : 26849208     EISSN : 28296311     DOI : 10.47453
Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan kepemimpinan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 76 Documents
MANAJEMEN BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN CIREBON Yanti Mustikasari
Edulead : Journal of Education Management Vol 3 No 1 (2021): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v3i1.316

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasaian, pelaksanaan dan pengawasan Manajemen Budaya Literasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Gerakan Literasi Nasional dijalankan dalam rangka membudayakan literasi di sekolah. Gerakan literasi sekolah yang mengawal program membaca 15 menit setiap hari di sekolah terlihat seperti kebijakan yang utupis. GLS dikembangkan berdasarkan 9 agenda prioritas (Nawacita) yang terkait dengan tugas dan fungsi Kemendikbud khususnya Nawacita nomor 5,6, 8, dan 9. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Dukupuntang kabupaten Cirebon propinsi jawa Barat dengan menggunakan metode Studi Kasus yaitu metode penelitian yang mengedepankan proses wawancara dengan menggunkan pertanyaan terkait. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan; mencakup pembuatan program kerja, membuat buku saku kecil pegangan siswa, pembuatan jurnal membaca siswa dan membuat buku laporan sebagai pegangan guru.
Manajemen Pendidikan Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MIS Syarif Hidayatullah Astana Gunung Jati Rochendi Rochendi; Dian Widiantari; Muhammadun Muhammadun
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 1 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i1.1526

Abstract

Kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di MIS Syarif Hidayatullah Astana Gunungjati. Kepala madrasah diharapkan memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang efektif untuk mengembangkan sekolah secara efisien dan produktif. Penelitian kualitatif dilakukan untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah dalam perencanaan, aktualisasi, dan evaluasi mutu pendidikan. Kepemimpinan yang kuat diharapkan mampu menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif dan meningkatkan kualitas siswa, guru, dan seluruh sekolah
APLIKASI KONSEP PEMIKIRAN KAORU ISHIKAWA MELALUI DIAGRAM FISHBONE DALAM MENINGKATKAN MUTU SISWA Mochammad Safrotulloh; Septi Gumiandri
Edulead : Journal of Education Management Vol 2 No 2 (2020): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Education is a system which contains aspects of vision, mission, goals, curriculum, teaching materials, teachers, students, management, infrastructure, costs, environment and so on. The goal is the direction achieved or aimed by education. Likewise, the provision of education cannot be separated from a goal which should be achieved. This is evidenced by the provision of education experienced by the Indonesian nation. This study aims to describe the method of the principal of Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) in solving students’ moral problems which arise in Madrasah environment using the Fishbone diagram. This study uses qualitative methods which aims to understand all the problems that occur in the field. The data sources of this research are the principal, teaching staff and the community. The form of this research is the students’ moral problems that arise in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA). The importance of collecting data; such as observation, interviews and documentation in a study is as a tool to strengthen the results of research validity. The results of this study indicate that the principal in solving students’ moral problems at MDTA Al-Hidayah is by conducting periodic evaluations of students. The evaluation is through meetings between teachers which are held every month, and every three months a meeting held with parents and society. However, the students' bad behavior is caused by uncontrolled association either by parents, teachers or society. The solution is cooperations between teachers, parents and community should be active. It is to always monitor the students. So that, moral damage to the nation's generation does not occur.
Mutu Guru di Negara Malaysia, Singapura, Thailand dan Finlandia Nisa Nurasiah
Edulead : Journal of Education Management Vol 4 No 2 (2022): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v4i2.1169

Abstract

Education is a very significant thing in the life of a nation. This makes a nation to increasingly try to advance the quality of education in their respective countries, as well as the countries of Singapore, Malaysia, Thailand and Finland. The purpose of this study is to analyze the extent of efforts to develop teacher quality in these four countries. The type of research used is a literature study. The data used comes from textbooks, journals, scientific articles, literature reviews which contain the concepts studied. The research results of this article contain the following points; (1) Singapore pays full attention to human resources through a number of education reform programs such as thinking school, learning nation; teach less, learn more, and school excellent models which have proven to be effective in creating quality human resources. (2) The majority of school principals in Malaysia have a sporty spirit and have a positive influence on the intrinsic growth of teachers, especially their motivation and satisfaction of their interest in work (3) Improving the quality of Thai teachers is carried out with a 5-year teacher education program with scholarships. The minimum teacher qualification must be a bachelor's degree. Teacher development is carried out in various forms, ranging from training and advanced studies to masters and even doctorates. (4) Finland has an accountability-based teacher evaluation investigative model to assess teacher effectiveness.
Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran Inovatif Melalui Supervisi Kelas di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2022/2023 Sugiharto Ono Setiono
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 1 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i1.1630

Abstract

Untuk memperbaiki kinerja dan wawasan guru dalam pembelajaran di SMP Negeri 2 Losari Kabupaten Cirebon, sekolah melaksanakan penelitian tindakan yang berkaitan dengan permasalahan di atas. Karena keterbatasan peneliti, maka penelitian ini hanya difokuskan pada supervisi edukatif. Berdasarkan temuan hasil penelitian ada empat hal yang dikemukakan dalam penelitian tindakan ini, yakni simpulan tentang: (1) Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa. Berdasarkan temuan maka keberhasilan pelaksanaan supervisi di SMPN 2 Losari Kabupaten Cirebon tercatat dari hasil sebagai berikut Nilai perencanaan pembelajaran pada siklus I rata-rata nilai 71,98 pada siklus II naik menjadi 92,44, pada kegiatan pelaksanaan pembelajaran pada siklus I rata-rata nilai 72,44 pada siklus II naik menjadi 93,81, dan pada kegiatan penilaian hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 81,3 pada siklus II naik menjadi 90,56 sedangkan kegaitan tindak lanjut kegaiatan rata-rata nilai pada siklus I penilaian 59,76 pada siklus II naik menjadi 83.
MANAJEMENT PELATIHAN KARATE Zaenah Zaenah
Edulead : Journal of Education Management Vol 1 No 1 (2019): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v1i1.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelatihan, dan pengawasan pelatihan karate di Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) Dojo Pertamina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulannya adalah bahwa manangemen pelatihan karate tidak jauh beda dengan managemen organisasi pada umumnya, yaitu berfungsi sebagai Planing,Organising, Actuiting dan Controling (POAC) terbukti dengan adanya sistematika pelatihan yang berjenjang dan terencana sehingga tujuan dari pelatihan itupun bisa tercapai, ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai dan juga SDM atau para pelatih yang sudah mumpuni dan sangat menguasai bidangnya (professional) maka prestasi demi prestasipun dapat diraih, baik di tingkat daerah provinsi bahkan tingkat nasional.
DIGITALISASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH SWASTA BERBIAYA RENDAH DI MASA PANDEMI COVID-19 Tajudin Tajudin; Yogi Sugiyana
Edulead : Journal of Education Management Vol 3 No 2 (2021): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v3i2.456

Abstract

Digitization of education is an issue that is getting enough public attention today, as a response to drastically changing education services. Both the system in terms of learning, as well as the culture. The Covid-19 pandemic has forced students, teachers, and schools to experience digital technology-based educational activities. And the results can be predicted that almost all parties involved in the world of education complain of difficulties with this new emergency system. This difficulty is especially burdensome for schools which are financially and due to natural factors difficult to implement the digitalization of education. However, ready or not, the digitalization of education must be realized and accepted by all parties. This study aims to determine the effectiveness of the implementation of digitalization of education in low-cost private schools which of course from a financial point of view are greatly affected by the current pandemic conditions so that it becomes a formidable challenge for school leaders, where in addition to having to think about how to survive, schools can also finance their operations. must ensure distance learning can run more effectively and fun. This research uses a literature study approach and to obtain clear characteristics of the discourse in the form of theories and concepts studied, the authors use the content analysis method, to make inferences that can be replicated about what schools should prepare to welcome this new era of education regarding the application of digitalization of education so that in its application schools can provide a sense of security and comfort for students, teachers, and parents of students. Abstrak Digitalisasi pendidikan merupakan isu cukup mendapat perhatian publik saat ini, sebagai respon terhadap pelayanan pendidikan yang berubah secara drastis. Baik sistem dari sisi pembelajaran, maupun kulturnya. Pandemi Covid-19 telah memaksa siswa, guru, dan sekolah untuk merasakan aktivitas pendidikan yang berbasis teknologi digital. Dan hasilnya dapat diprediksi bahwa hampir semua pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan mengeluh kesulitan dengan sistem baru yang sifatnya darurat ini. Kesulitan tersebut terutama sangat terasa membebani bagi sekolah-sekolah yang secara financial maupun karena faktor-faktor alamiah sulit untuk menerapkan digitalisasi pendidikan tersebut. Namun, siap atau tidak, digitalisasi pendidikan harus segera direalisasikan serta diterima oleh semua pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan digitalisasi pendidikan pada sekolah swasta berbiaya rendah yang tentunya dari sisi keuangan sangat terdampak dengan kondisi pandemic yang terjadi saat ini sehingga menjadi tantangan berat bagi para pemimpin sekolah, dimana selain harus memikirkan bagaimana agar sekolah bisa survive membiayai operasionalnya, juga wajib memastikan pembelajaran jarak jauh dapat berjalan lebih efektif dan menyenangkan. Kajian ini menggunakan pendekatan studi kepustakaan dan untuk mendapatkan karakteristik yang jelas dari wacana berupa teori dan konsep yang dikaji, penulis menggunakan metode content analysis, untuk membuat inferensi yang dapat direplikasi tentang apa yang harus disiapkan oleh sekolah untuk menyambut era baru dari dunia pendidikan ini terkait penerapan digitalisasi pendidikan sehingga dalam penerapannya sekolah dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi siswa, guru, dan orang tua siswa.
STRATEGI PENINGKATAN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MELALUI MANAJEMEN PEMBIAYAAN Andayani Andayani
Edulead : Journal of Education Management Vol 1 No 1 (2019): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v1i1.99

Abstract

Pendidikan di Indonesia diselenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sebagai investasi baik bagi individu maupun masyarakat. Pembiayaan pendidikan pada lembaga pendidikan swasta, sebagian dari dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah), dan sebagian bersumber dari dana masyarakat, sehingga permasalahan penelitian adalah bagaimana lembaga pendidikan swasta dapat di manage secara tepat arah dalam hal mengembangkan mutu, relevansi, efisiensi dan efektivitasnya sehingga dapat menjadikan dirinya sebagai lembaga pendidikan alternatif bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi tentang upaya-upaya strategis lembaga pendidikan swasta dalam menghimpun sumber-sumber dana untuk membiayai pendidikan, dan informasi mengenai pengelolaan sumber dana pada lembaga pendidikan swasta, terfokus pada MI Ma’arif Sutawinangun, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Temuan penelitian antara lain: Pertama, strategi yang dilakukan MI Ma’arif Sutawinangun untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan membentuk tim peningkatan mutu yang bertugas merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi mutu pendidikan di MI Ma'arif Sutawinangun. Kedua, pelaksanaan manajemen pembiayaan pendidikan di MI Ma’arif Sutawinangun dalam proses perencanaan pembiayaan telah melibatkan partisipasi aktif dari semua pihak hal ini dilakukan untuk mengurangi beban biaya dalam penyelenggaraan pendidikan. Penggunaan anggaran pembiayaan pendidikan yang telah sesuai dengan program pembiayaan yang telah ditetapkan merupakan faktor kunci terlaksana proses pendidikan di madrasah. MI Ma’arif Sutawinangun cenderung lebih memprioritas kebutuhan yang menunjang peningkatan mutu pendidikan agar pembiayaan dapat berjalan efektif dan efisien. Ketiga, dengan manajemen pembiayaan yang efektif dan efisien, madrasah mampu merencanakan hal hal yang menunjang peningkatan mutu, pengadaan sarana prasarana yang menunjang pembelajaran, pengembangan diri guru serta prestasi akademik dan non akademik siswa.
Pengaruh Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Produktif Akuntansi (Standar Kompetensi : Mengelola Dana Kas Kecil) di Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung Mitha Octavyan
Edulead : Journal of Education Management Vol 1 No 1 (2019): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v1i1.556

Abstract

The purpose of this research is to know the imagine of student’s learning disability and student’s learning achievement in Accountancy Productive lesson in X class of Adm. Office in SMK 1 Pasundan Bandung and also to know the effect of learning disability for their learning achievement in Accountancy Productive lesson in X class Adm. Office of SMK 1 Pasundan Bandung. The method that used in this research is explanation survey method, and the population is the students of X class Adm. Office of SMK 1 Pasundan Bandung, with the amount of sample that used is counted 123 students of population counted 178 students. The technique that used in sample taking use simple random sampling. The student’s learning disability data is acquired from spreading of questionnaire, while student’s learning achievement data is acquired by document studying. The result of research shows that learning disability has a negative influential about student’s learning achievement in Accountancy Productive lesson in X class Adm. Office of SMK 1 Pasundan Bandung. The influence which are given by learning disability about student’s learning achievement is about 82,5%. The imagine of student’s learning disability is in the high category with the percentage is 53,66% and student’s learning achievement is in the low category with the percentage is 43,09%. The implication from this research is student who experience the difficulty of learning will experience the trouble in next learning process, so that in the end the student will left away behind in his learning process.. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kesulitan belajar siswa dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif Akuntansi di kelas X Adm. Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung serta untuk mengetahui pengaruh kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif Akuntansi di kelas X Adm. Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei eksplanasi, yang menjadi populasi adalah siswa kelas X Adm. Perkantoran di SMK Pasundan 1 Bandung, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 123 orang siswa dari populasi sebanyak 178 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Data kesulitan belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran produktif Akuntansi di kelas X Adm. Perkantoran SMK Pasundan 1 Bandung. Pengaruh yang diberikan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah sebanyak 82,5%. Gambaran kesulitan belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan presentase 53,66% dan prestasi belajar siswa berada dalam kategori rendah dengan presentase 43,09%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar akan mengalami hambatan dalam proses belajar berikutnya, yang pada akhirnya siswa tersebut akan mengalami ketertinggalan dalam proses belajarnya
Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi KBM Kelas di SMA Negeri 1 Sumber Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024 Kasanudin Johari
Edulead : Journal of Education Management Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management
Publisher : LPPM Bunga Bangsa Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47453/edulead.v5i2.1621

Abstract

Dalam melaksanakan proses pembelajaran disekolah seorang guru hendaknya pandai memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Pada umumnya guru jarang mengunakan model pembelajaran dalam setiap proses pembelajaran karena kurangnya pemahaman guru tentang model-model pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Sebenarnya ada banyak model pembelajaran yang bisa dipakai oleh setiap guru dalam proses pembelajaran yang model pembelajara ini juga mudah diterapkan yaitu disesuaikan dengan bahan ajar dan materi yang akan disampaikan oleh guru tersebut. Dengan mengunakan model-model pembelajaran yang sesuai ini siswa dapat termotivasi dalam belajar untuk meningkatkan prestasinya khususnya pada ujian blok. Dengan penelitian ini rumusan masalahnya apakah motivasi guru untuk menerapan model-model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengajar guru pada SMA Negeri 1 Sumber Kabuapet Cirebon.