Edulead
Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management

Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX.C SMP Negeri 1 Beber Tahun Pelajaran 2023/2024

Nani Srinaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Peningkatan minat belajar siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Bebermelalui penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam pelajaran IPS ; (2) Peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Bebermelalui penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) dalam pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IX.C di SMPN 1 Beber dengan jumlah 36 siswa hanya 32 orang yang hadir.Materi Pembelajaran tentang Perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia & benua lainnya. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angket dan tes prestasi belajar siswa digunakan analisis statistik deskriptif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan ...