Edulead
Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Siswa Kelas VIII-B di SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pelajaran 2023/2024

Wawan Irwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh model learning cycle terhadap Kemampuan Menulis Puisi oleh Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024”. Lokasi Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jalan Pangeran Sutajaya No. 142 Kecamatan Pabuaran Kabupaten Cirebon. Populasi penelitian ini adalah seluruh Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang berjumlah 328 siswa. Banyaknya jumlah populasi yang ada maka peneliti memilih satu kelas yaitu Kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model one group pre-test and post-test design. Dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa essai yaitu menulis puisi. Penelitian ini menggunakan uji thitung . Hasil dari analisis data diperoleh beberapa temuan tingkat hasil belajar siswa. Nilai rata-rata siswa pada siklus I (pre-test) = 67,97 sedangkan nilai rata-rata pada siklus II (post-test) = 80,15. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Learning Cycle terhadap kemampuan menulis puisi oleh siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Pabuaran Tahun Pembelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari kegiatan siklus I dan siklus II diperoleh adalah 40 % menjadi 87,75 %, sehingga penelitian diaktakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan ...