Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI. MIA di MA Salafiyah Cirebon dengan jumlah 18 siswa. Materi Pembelajaran tentang Limit Fungsi. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), serta refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan tes. Untuk menganalisis data dari lembar observasi, hasil angketdan tes prestasi belajar siswa digunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) dalam Pelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa Kelas XI. MIA di MA Salafiyah Cirebon. Hal ini dibuktikan dari hasil angket minat belajar siswa, pada siklus I siswa yang memiliki minat belajar kategori tinggi sebanyak 11 siswa atau sekitar 61,1 %. Pada siklus II meningkat menjadi 15 siswa atau sekitar 83,33 %. Aktivitas belajar siswa terus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang memiliki aktivitas belajar kategori baik sebanyak 12 siswa atau sekitar 66,67 %. Pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa atau sekitar 88,88 %. (2) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Think Pair Square (TPS) dalam Pelajaran matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI. MIA di MA Salafiyah Cirebon. Hal ini ditunjukkan pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 76,25, sebanyak 13 siswa atau sekitar 72,22% sudah berhasil memperoleh nilai ? 77 dan dinyatakan tuntas. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 81, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 16 siswa atau sekitar 88,88% sudah berhasil memperoleh nilai ? 77.
Copyrights © 2023