Edulead
Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII.C di SMP Negeri 2 Sedong pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2022/2023

Aryo Widodo (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran berbasis portofolio lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pencapaian aspek kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII Semester II SMP NEGERI 2 SEDONG Pada Materi Pokok Bangun Ruang Tahun Pelajaran 2022/2023. Data awal penelitian ini adalah nilai ulangan pada materi logika matematika Dari data tersebut dapat diketahui bahwa sampel berada pada titik awal yang sama. Setelah kelompok eksperimen diberikan pembelajaran portofolio dan kelompok kontrol diberi pembelajaran konvensional, maka kedua kelompok diberikan tes kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok trigonometri. Diperoleh rata-rata dari penelitian siklus I hasil belaja rmencapai 74,22 dan pada siklus II hasil belajar mencapai 79,75 sehingga mengalami peningkatan hasil belajar yang signifikan. Mengacu pada hasil penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran yaitu, untuk menerapkan model pembelajaran berbasis portofolio diperlukan waktu yang lebih lama jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan peserta didik dalam memahami konsep.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan ...