Edulead
Vol 5 No 2 (2023): Edulead : Journal of Education Management

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PABP Materi Iman Kepada Rasul-Rasul Allah Swt dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VIII.A di SMP Negeri 1 Pabedilan Tahun Pelajaran 2022/2023

Sobari Sobari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Peningkatan motivasi belajar PABK setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Hal itu dapat ditunjukkan dengan meningkatnya notivasi belajar PABK siswa dari sebelum dan sesudah tindakan. Pada Prasiklus diperoleh rata-rata kelas 19,06 (kategori motivasi rendah), Siklus 1 menjadi 25,42 (kategori motivasi cukup) dan Siklus II diperoleh rata-rata kelas 28,08 (kategori motivasi tinggi). Dan berdasarkan hasil belajar siswa pada Prasiklus nilai rata-rata 60,24 setelah pelaksanaan siklus I rata-rata nilai menjadi 67,32 dan pada siklus II rata rata nilai menjadi 82,65. Sedangkan peningkatan presentase ketuntasan belajar klasikal meningkat dari pra Siklus, Siklus I dan Siklus II berturut-turut : 44,44 %, 72,22 %, dan 86,11 %. Dengan demikian dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa penerapan model pembelajaran CTL dapat meningkatkan Hasil belajar dan motivasi belajar PABK siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Pabedilan Tahun Pel;ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edulead

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Environmental Science

Description

Jurnal EDULEAD dibuat sebagai sarana publikasi berbagai bentuk kegiatan ilmiah dosen dan mahasiswa khususnya hasil penelitian bidang manajemen pendidikan dan ...