Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII-C SMP NEGERI 1 GREGED Kabupaten Cirebon yang menunjukkan bahwa terdapat 10 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Melalui pemberian layanan bimbingan kelompok diharapkan kepercayaan diri yang dialami oleh siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan kepercayaan diri melalui layanan bimbingan kelompok. Hasil penelitian diperoleh, kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok bahwa anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi 81%, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang 64%, sedang anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah 53%. Setelah mendapat layanan bimbingan kelompok kepercayaan diri siswa meningkat, anggota yang mempunyai kepercayaan diri tinggi prosentase kepercayaan diri bertambah 83% masuk dalam kategori prosentase tinggi, anggota yang mempunyai kepercayaan diri sedang prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 74% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi, dan anggota yang mempunyai kepercayaan diri rendah prosentase peningkatan kepercayaan diri bertambah 69% masuk dalam kategori prosentase kepercayaan diri tinggi. Disimpulkan bahwa kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok. Adapun saran peneliti untuk siswa dan guru pembimbing diharapkan agar mampu meningkatkan kepercayaan diri terkait dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui layanan bimbingan kelompok.
Copyrights © 2023