Salah satu metode pembelajaran yang dianggap bisa meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving). Pendekatan pembelajaran ini diyakini sesuai dengan karakter siswa kelas VIII.A SMPN 1 Beber, Materi Persamaan Linier Dua Variabel dalam memahami konsep bangun tersebut.serta adannya kuis dan hadiah menarik yang membuat siswa menjadi semangat untuk belajar aktif dan kreatif dalam memecahkan masalah menjadi yang terbaik. Penerapan model pendekatan ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mengetahui hasil belajar matematika melalui pendekatan pemecahan masalah (problem solving) yang dapat Persamaan ALinier Dua Variabel di kelas VIII.A SMPN 1 Beber. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Penelitian Tindak Kelas (PTK). Adapun langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan tindakaan, (3) Tahap observasi, dan (4) Tahap Refleksi. Peningkatan belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari test awal pra tindakan dengan skor nilai ketuntasan 34,22 % dan setelah adanya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (problem solving) mencapai nilai ketuntasan 52,63% untuk test siklus I dan 84,2 1 % untuk test siklus II. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil simpulan bahwa hasil belajar Persamaan ALinier Dua Variabel pada siswa kelas VIII.A SMPN 1 Beber Cirebon akan bisa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran pendekatan pemecahan masalah (Problem Solving).
Copyrights © 2023