Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023): Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP POLA BELAJAR DI TK CERIA DEMANGAN

Elisabet Darmayani (Universitas Sanata Dharma)
Maria Agustina Amelia (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Kurikulum di Indonesia sering terjadi perubahan, yang sebelumnya diterapkan kurikulum 2013 dan sekarang ini menerapkan kurikulum merdeka belajar. Kurikulum yang memberikan kemerdekaan kepada pendidik untuk menciptakan suasana belajar yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sering terjadinya perubahan kurikulum ini menjadikan tantangan bagi pendidik untuk menerapkannya di kelas. Penerapan kurikulum merdeka belajar yang membutuhkan proses dan penguasaan pendidik terhadap teknologi yang berkembang saat ini, serta melihat kebutuhan yang diperlukan oleh peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap pola belajar di TK Ceria Demangan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisa pembelajaran lesson study dengan tiga tahapan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengimplementasian kurikulum merdeka memberikan perubahan yang baik terhadap pola belajar di TK Ceria Demangan sehingga pola belajar anak lebih interaktif, pola pikir yang kritis dan kreatif, serta mandiri terhadap kegiatan pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

YaaBunayya

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan ...